Rambut Jagung Bisa Jadi Teh, Dosen FKM UMI Berikan Tips Membuatnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR—Rambut jagung sering menjadi bahan yang dibuang. Padahal, ada banyak manfaat kesehatan dan juga dapat diolah.

Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia, Arni Rizqiani Rusydi bersama Sumiaty memberikan pelatihan pengolahan rambut dan kulit jagung dalam program pengabdian masyarakat yang dilakukan di Desa Tonasa, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar. 

Arni menjelaskan pada rambut jagung antara lain melindungi saluran kemih, mengatasi nyeri sendi, mengontrol tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi. 

Memanfaatkanya bisa menjadi teh. Cara mengolahnya yakni siapkan rambut jagung yang masih segar atau yang sudah dikeringkan (usahakan agar rambut jagung yang digunakan adalah rambut jagung dari jagung yang masih muda). Siapkan pula 1 buah jeruk lemon dan 2 sendok makan madu beserta 1 gelas air. 

Rebus air hingga mendidih. Ketika air sudah mendidih, rebus rambut jagung yang sudah disiapkan. Biarkan mendidih dengan sempurna lalu tambahkan air jeruk lemon beserta madu ke dalamnya. Aduk rata lalu angkat. 

Saring air rebusan ini dan letakkan di sebuah cangkir. Teh rambut jagung pun siap untuk disajikan. Teh rambut jagung bisa dinikmati saat dingin ataupun selagi masih hangat. (Ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...