Infografis

Arus Lalin Dikembalikan, Jalan Penghibur Bebas Tilang

0 Komentar

MAKASSAR, FAJAR — Perubahan arah arus lalu lintas beberapa ruas jalan di sekitar Pantai Losari mulai berlaku Sabtu, 19 Oktober. Bebas tilang masih diberlakukan di Jalan Penghibur untuk pengendara yang melawan arus.

Kaur Bin Ops Satlantas Polrestabes Makassar, AKP Samuel Tolongan menyebutkan, pengembalian arah beberapa jalan di sekitar Pantai Losari dianggap perlu dilakukan. Perubahan selama ini dinilai tak memberikan solusi atas kemacetan di kawasan tersebut.

Ruas jalan yang kembali berubah arah arus lalu lintasnya yakni, Jl Penghibur, Jl Haji Bau, Jl Lamadukelleng, dan Jalan Somba Opu. Tak ada lagi uji coba pengembalian arah. Langsung berlaku mulai pukul 07.00 wita, hari ini.

“Tahun lalu, arah jalan ini diubah saat pelaksanaan F8. Sekarang dinilai banyak persoalan, terutama macet di Jalan Cendrawasih, Jalan Garuda, Jalan Metro Tanjung Bunga, dan Jalan Penghibur,” tuturnya, Kamis, 18 Oktober.

Perubahan arus lalin yang dilakukan 2018 lalu, juga tak di SK-kan oleh wali kota. Artinya, kata Samuel, jika dianggap tak maksimal semua arah jalan yang berubah tahun lalu bisa dikembalikan seperti semula.

“Tahap awal kita berlakukan bebas tilang untuk yang melanggar arus. Efektifnya mungkin sekitar sebulan. Tim kami juga akan turun ke lapangan untuk lakukan sosialisasi,” tambahnya.

Kepala Dinas Perhubungan Makassar, Mario Said mengatakan, ada 100 orang tim gabungan Polrestabes Makassar dan Dishub Makassar.

Nantinya rambu yang ada saat ini akan dipasang di arah yang berbeda. Selain itu, tahapan sosialisasi tetap menjadi agenda awal pemberlakukan perubahan arah beberapa ruas jalan tersebut.

“Memang yang kemarin ini belum ditetapkan, karena kesepakatannya kalau tidak efektif dikembalikan seperti semula. Kan perubahan itu awalnya karena F8, cuma keterusan sampai sekarang,” jelasnya. (*)

Penulis : ANDI SYAEFUL

Comment

Loading...