FS UMI Jalankan Visitasi Akreditasi Prodi Sastra Arab

0 Komentar

UMI Makassar.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Fakultas Sastra (FS) Universitas Muslim Indonesia (UMI) menerima kunjungan Visitasi Akreditasi Program Studi Sastra Arab. Berlangsung selama tiga hari, Kamis-Sabtu, 17-19 Oktober 2019.

Kegiatan ini dalam rangka Asesmen Lapangan oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang terdiri atas Dr Asaril Muhajir MAg dari IAIN Tulungagung dan Dr Yayan Nurbayan MAg dari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Wakil Rektor I UMI mewakili Rektor UMI, Dr Hanafi Ashad MT menjelaskan, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah memberikan pengakuan terhadap UMI pada Desember 2018 dengan Akreditasi Unggul ‘A’.

Tentunya perlu upaya untuk mempertahankan status sebagai Perguruan Tinggi Unggul. Oleh karena itu, pimpinan yayasan dan universitas senantiasa berupaya untuk memberikan dukungan bagi peningkatan kualitas fakultas, program studi, dan unit-unit penunjang di lingkup UMI.

Dekan Fakultas Sastra UMI, Prof Dr HM Basri Dalle MHum. mengungkapkan, Prodi Sastra Arab Fakultas Sastra UMI merupakan prodi andalan dan menjadi ciri khas UMI. Program Studi Sastra Arab ini merupakan prodi yang diandalkan di Fakultas Sastra, salah satunya karena menjadi prodi tertua. Dan, di awal kemunculannya prodi ini banyak berkontribusi bagi pengembangan UMI melalui kerja sama dengan mitra di Timur Tengah.

“Mudah-mudahan apa yang dicari oleh tim asesor dapat dijawab dengan baik oleh tim taskforce Prodi Sastra Arab. Tentu didukung kompetensi dosen-dosennya yang mumpuni di bidangnya dan telah berpengalaman selama puluhan tahun dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Prof Basri.

Mewakili Tim Asesor BAN-PT, Dr Asaril Muhajir MAg mengenang terakhir kali dirinya mengunjungi UMI saat 2014 lalu di Fakultas Agama Islam.

“Alhamdulillah, Allah mempertemukan kembali dengan civitas akademika UMI setelah 5 tahun lalu saya berkunjung ke FAI. Tentu asesmen lapangan ini menuntut kerja profesional dari tim yang telah mempersiapkan segala sesuatunya. Semoga Allah memberi kelancaran dalam proses asesmen lapangan ini,” terangnya.

Merespons pesan asesor, Ketua Prodi Sastra Arab Fakultas Sastra UMI, Dr Agussalim Beddu Malla MA berterima kasih atas arahan-arahan dari asesor. “InsyaAllah, kami akan memberikan data yang sebenar-benarnya sesuai kondisi terkini. Semoga apa yang telah kami upayakan selama ini diberikan ketentuan terbaik oleh Allah dan penilaian yang baik oleh asesor,” harapnya. (aas-rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...