Ini Tips Sehat untuk Penyakit Autoimun

Sabtu, 19 Oktober 2019 07:51

Jika Anda ingin mengonsumsi sayuran, hindari sayuran yang berasal dari keluarga nightshades atau Solanaceae yang dapat memperburuk kondisi penyakit autoimun seperti tomat, terong, paprika, maupun kentang.

Buah-buahan boleh dikonsumsi asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak. Makanan fermentasi dari produk susu juga harus dihindari. Sebagai pengganti, Anda bisa memilih kombucha, kefir, atau kimchi.

Jangan lupa untuk tetap berolahraga

Meski punya penyakit autoimun, tapi bukan berarti Anda harus berdiam diri. Olahraga justru dapat membantu mengurangi kelelahan atau nyeri yang berkepanjangan akibat penyakit. Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi stres atau kecemasan, meningkatkan energi, dan memperbaiki mood. Olahraga yang tepat dapat membantu tubuh beradaptasi.

Meski demikian, olahraga tak boleh dilakukan secara berlebihan supaya tak membuat tubuh stres, sehingga dapat memicu kemunculan gejala yang lebih berat. Mulalilah dengan perlahan. Olahraga yang dilakukan dengan gembira bisa menghasilkan endorfin. Hormon tersebut berperan baik pada sistem imun tubuh, yang dapat menjaga keseimbangan imunitas.

Beberapa pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan antara lain yoga, tai chi, angkat beban, bersepeda, dan berjalan kaki. Lakukan olahraga paling tidak tiga kali seminggu, dengan durasi setidaknya 30 menit tiap sesi. Ingat, lakukan secara perlahan pada setiap gerakan dan beristirahatlah jika mulai lelah.

Hidup dengan penyakit autoimun memang harus ekstra hati-hati. Namun jangan patah semangat. Meski penyakit tak bisa disembuhkan, tapi bisa dikendalikan dengan pola hidup sehat seperti yang dijabarkan di atas, sehingga gejala yang muncul bisa diminimalkan.

Bagikan berita ini:
2
1
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar