Jaga Kesehatan Kulit dengan Sabun Bidara, Ini Cara Bikinnya

0 Komentar

Dosen Farmasi UMI saat berbagi tips kesehatan.

FAJAR.CO.ID — Setiap orang tentunya ingin memiliki kulit yang halus dan bersih. Dosen Fakultas Farmasi Universitas Muslim Indonesia, Virsa Handayani, Ahmad Najib, dan Andi Amaliah Dahlia memberikan pelatihan pembuatan sabun bidara arab sebagai program pengabdian masyarakat dan dakwah di Desa Paddinging, Kecamatan Sanrobone, Kabupaten Takalar.

Menurutnya, sabun bidara sangat bagus untuk mejaga kesehatan dan kecantikan kulit, membersihkan tubuh, merawat rambut untuk mencegah kerontokan dan mengobtai gatal-gatal. Tentunya memanfaatkan daun bidara arab lebih baik karena bebas bahan kimia.

Di hadapan masyarakat Desa Paddinging, Virsa menjelaskan formula pembuatan sabun bidara yakni daun bidara, minyak kelapa sawit, minyak kanola, minyak zaitun, NaOH, minyak bidara, dan aquadest.

Proses pembuatannya, proses pertama campurkan minyak zaitun, minyak kanola dan minyak kelapa sawit dan minyak bidara. Kedua air + NaOH dicampur dan dihomogenkan, diamkan hingga suhu ruang.

Campurkan ke dalam campuran minyak (bahan nomor 2) aduk hingga berubah warna ditambahkan ekstrak daun bidara aduk hingga homogen, siap cetak.

“Campuran minyak kanola, minyak zaitun juga penting untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering,” tambahnya.

Selain pembuatan sabun bidara, mereka juga memberikan edukasi tentang pembuatan minuman instan dari temulawak. (Ind)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...