Tangkapan Melimpah, Olah Jadi Camilan, Pameran Pekan Raya Sulsel

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Produk olahan hasil laut menjadi andalan di Pekan Raya Sulsel. Kabupaten Kepulauan Selayar memperkenalkan produk olahan seperti kerang, cumi, ikan, dan udang.

Hasil laut ini diolah menjadi keripik, stik, dan abon. Semua dipamerkan di Pekan Raya Sulsel yang berlangsung di Celebes Convention Centre, Jumat, 18 Oktober.

Salah seorang penjaga stan Kabupaten Kepulauan Selayar dari perwakilan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kepulauan selayar, Alex mengatakan, tak ada kata mubazir bagi masyarakat di Selayar. Ketika hasil tangkapan melimpah, warga mengolahnya menjadi produk makanan olahan.

Selain camilan hasil laut, Selayar juga memamerkan kerajinan tangan. Bahan bakunya juga dari hasil laut, seperti cangkang kerang dan kepiting.

“Di kepulauan Selayar kan banyak warga menjadi nelayan. Hasil tangkapan mereka biasa hanya sebagian laku terjual. Daripada dibuang, muncullah ide untuk memanfaatkannya menjadi produk olahan,” beber Alex, kemarin.

Tak hanya Kepulauan Selayar, Kabupaten Sidrap pun tak mau kalah. Masyarakatnya memanfaatkan hasil pertanian, seperti singkong, bawang, dan pepaya menjadi makanan ringan.

Penjaga stan Sidrap, Murniati mengatakan, olahan makanan dari hasil panen yang melimpah mampu memperpanjang daya tahan hasil panen. Tak kalah penting, karena meningkatkan nilai jual.

“Misalnya, pepaya dibuat kerupuk atau manisan seperti ini kan pepaya tidak cepat busuk. Nilainya juga bisa lebih meningkat,” ujarnya. (wis/rif)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...