Akses Menuju Istana Ditutup, Sekitar Senayan Juga Diblok

0 Komentar

Sejumlah aparat keamanan berjaga di suasana di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (20/10) pagi tadi. Meski di kawasan ini pada setiap Minggu biasanya ramai dipadati masyarakat di Car Free Day (CFD), pada Minggu pagi tadi acara CFD ditiadakan terkait persiapan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden sekitar pukul 14.30. Namun begitu sejumlah masyarakat terlihat masih melakukan aktifitas olahraga di sekitar Bundaran HI. (Hanung Hambara/Jawa Pos)

fajar.co.id, jakarta — Akses menuju Istana Kepresidenan Jakarta ditutup menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Minggu (20/10/2019).

Menurut pengamatan Suara.com, ruas jalan menuju Istana sudah ditutup, bahkan dipagari kawat berduri.

Akses jalan yang ditutup menuju Istana Kepresidenan antara lain kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat sampai Jalan Medan Merdeka Utara. Kemudian Jalan Budi Kemuliaan hingga Jalan Abdul Muis. Selain itu Jalan Veteran III juga ditutup.

Adapun ruas jalan yang dibuka Jalan Juanda dan Jalan Majapahit menuju pintu gerbang Kementerian Sekretariat Negara.

Pantauan Suara.com di jalan Abdul Muis dijaga ketat oleh anggota TNI dan Polri.

Untuk diketahui, Kawasan sekitar Kompleks Gedung DPR/MPR RI dan sekitar Istana Negara telah ditutup oleh Polda Metro Jaya untuk mengamankan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin pada Minggu (20/10/2019) siang ini.

Hal itu berdampak pada operasional Bus TransJakarta.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan selama penutupan jalan, pihaknya akan melakukan pengalihan rute Transjakarta di sejumlah ruas.

“Sehubungan dengan masih ditutupnya jalur oleh pihak kepolisian sampai Minggu, (20/10/2019) maka layanan transjakarta tetap beroperasi, tapi beberapa rute yang melalui wilayah sekitar penutupan jalur terjadi pengalihan rute,” kata Nadia melalui keterangan persnya, Minggu (20/10/2019).

Berikut pengalihan rute Transjakarta di sejumlah ruas:

Koridor 1: Blok M – Kota mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Bank Indonesia dan Halte Monas berlaku kedua arah.

Rute 1A: PIK – Balai Kota mengalami perpendekan rute menjadi PIK – Harmoni terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

Koridor 2: Harmoni – Pulogadung mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Monas s/d Halte Gambir 2.

Rute 6A: Ragunan – Monas via Kuningan saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan – Tosari via Kuningan terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

Rute 6B: Ragunan – Monas via Semanggi saat ini mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan – Tosari via Semanggi terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda.

Koridor 9: Pinang Ranti – Pluit saat ini mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan. Untuk sementara arah Pluit tidak melewati Halte Senayan JCC s/d Halte Slipi Petamburan.

Rute 1B: Tosari – St.Palmerah mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalur. Untuk sementara tidak melewati Halte Senayan JCC s/d DPR 2.

Rute 1B: St.Palmerah – Tosari mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalur selepas lampu merah arah Kemenpora. Untuk sementara selepas St. Palmerah via Patal Senayan lanjut pelayanan normal sampai Tosari.

Rute 5A: Kp.Melayu – Grogol mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar Patung Kuda. Untuk sementara tidak melewati Halte Bank Indonesia dan Halte Monas.

Rute Transjakarta ini akan kembali beroperasi seperti semula setelah jalur di sekitar wilayah DPR/MPR dibuka kembali oleh pihak kepolisian.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...