Duel PSM Vs Persija, Pengamanan Sama Seperti Final Piala Indonesia

0 Komentar

etugas gabungan TNI-Polri melakukan sterilisasi dan pengamanan di Stadion pada Final Piala Indonesia beberapa waktu lalu. (FOTO: IDHAM AMA/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Duel PSM vs Persija menjadi atensi aparat keamanan baik Polri maupun TNI. Pengamanannya ekstra ketat.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, mengatakan, pihaknya telah memberi izin agenda pertandingan antara PSM vs Persija.

“Kami telah pelajari (pertemuan PSM dan Persija) seperti final kemarin itu alhamdulillah aman. Informasi dari intelegen juga telah kami himpun. Kami putuskan, bisa amankan,” tegasnya.

Nah menyoal seperti apa pengamanan yang disiapkan, ia menyampaikan, sistemnya sama dengan partai final Piala Indonesia beberapa waktu lalu. Sistem pengamanan ring akan digunakan di daerah stadion.

“Personel hampir 5 ribu kami turunkan. Gabungan Polri & TNI. Bahkan, setiap pintu masuk itu akan dijaga oleh Kapolsek. Anggota juga diturunkan dari beberapa daerah seperti Jeneponto, Maros, Gowa, Takalar serta Bone,” rinci Dicky.

“Semoga semua berjalan lancar. Jangan sampai Persija seperti kemarin. Karena alasan tidak aman, mereka enggan main,” tambahnya.

Sementara itu, CEO PSM, Munafri Arifuddin, menegaskan, pihaknya tidak pernah memilih opsi untuk main di luar. Sebab, bukan main kerugian materil yang dialami oleh pihaknya jika sampai laga kandang malah main di luar.

“Hasil emergency meeting kemarin di Bali itu menjadi konsensus bersama. Namun bukan regulasi. Apalagi kan ini sifatnya agenda nasional (pelantikan) jadi kalau tidak memungkin ya didiskusikan dan kami terus upayakan,” katanya.

Namun lebih lanjut, ia menginginkan agar segenap elemen pendukung PSM bisa menjaga ketertiban. Baik yang di dalam stadion atau di luar stadion serta mereka yang tidak ke stadion.

“H-1 jam saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pertandingan bisa batal. Saya harap kita bisa jadi tuan rumah yang ramah. Apalagi, bersamaan dengan pelantikan Presiden yang masuk agenda nasional,” imbuhnya. (gsa)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...