Mantan Rival dan Presiden Terdahulu Hadir, Ketua MPR: Ini Momentum Persatuan Bangsa

Minggu, 20 Oktober 2019 12:05

Gedung MPR/DPR tempat pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. (Dery Ridwans...

FAJAR.CO.ID — Dua mantan presiden memastikan hadir pada pelantikan presiden dan wakil presiden hari ini. Begitu pula mantan rival dalam Pemilihan Presiden 2019 lalu.

Karena itulah, Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin hari ini sebagai momentum persatuan bangsa.

”Kita bersyukur atas bersatunya para tokoh bangsa. Pokoknya, persatuan itu keren,” ujar Bamsoet –sapaan akrab Bambang Soesatyo– di Gedung Nusantara I, kompleks DPR-MPR, Jakarta, kemarin.

Dua mantan presiden yang dimaksud adalah Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono. Adapun rival Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019 adalah Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hingga kemarin sore, jelas Bamsoet, MPR telah mendapat konfirmasi kehadiran tamu negara. Total, 17 kepala negara dan kepala pemerintahan serta utusan khusus mengonfirmasi kehadiran. Juga ada 168 duta besar dari berbagai negara sahabat.

Pimpinan negara yang bakal hadir, antara lain, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Wakil Presiden Republik Rakyat Tiongkok Wang Qishan, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Bagikan berita ini:
2
2
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar