Peringatan Sumpah Pemuda, KNPI Parepare Hendak Bumikan Permainan Tradisional

0 Komentar

Pengurus KNPI Parepare

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — DPD KNPI Parepare bakal menghelat youth fest atau festival pemuda, untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini.

Kini sudah ada berbagai rangkaian kegiatan yang sudah dipersiapkan untuk dihelat pada 25 hingga 28 Oktober mendatang. Salah satunya, permainan nasional.

Ketua KNPI Parepare, Asy’ari Abdullah mengatakan, ada dua titik lokasi tempat berlangsung kegiatan ini. Yakni di Taman Mattiro Tasi dan Hotel Satria.

“Kalau dari tanggal 25-27 itu di Taman Mattiro Tasi dan puncaknya di Hotel Satria,” ujarnya saat press rilis di Gazzaz Cafe, Minggu (20/10/2019).

Asy’ari juga membeberkan, pada kegiatan nantinya akan melibatkan sejumlah anak-anak yang saat ini menempuh pendidikan di sekolah dasar (SD). Mereka diminta untuk menjajal permainan tradisional. Katakanlah, permainan Mandonggak juga mengenal festival kuliner becce laung.

“Anak SD khususnya, agar tak melulu main gadget saja. Katakanlah, dikegiatan nanti ada permainan nasional yang populer pada era 80-90an,” ujarnya.

Kabid Sosbud KNPI, Dina Maliah menyebutkan, untuk kegiatan anak SD yang dimaksud tradisional ini selain permainan Mandonggak juga ada permainan Manppadinding.

“Jadi agendanya ini sesuai rencana kita akan mulai pada hari Jumat, 25 Oktober. Pukul 15. 00 di Taman Mattiro Tasi. Nanti di sana ada Tari Jeppeng dan Pencak Silat Iguru,” bebernya.

Selain itu, kata Dina, pada pukul 19.30 juga ada lomba orasi ilmiah. Dilakonkan oleh sejumlah organisasi pemuda dan juga beberapa band.

“Nah kalau tanggal 26 Oktober. Pukul 15. 00 ada kegiatan diberi nama accule-culean riolo. Ini melibatkan anak SD se-Kota Parepare,” bebernya.

Kegiatan accule-culean ini, tak ada gadget. Anak-anak akan diarahkan untuk bermain permainan nasional,” bebernya.

“Lebih menariknya lagi. Pada hari ini juga ada berbagai kuliner dijajakan. Kuliner becce laung namanya. Ini kue yang kini mulai langka di Parepare,” sambungnya.

Terkhusus pada 27 Oktober, sela Dina, ada juga festival Ganrang Bulo. Sasarannya, masih anak SD se-Kota Parepare.

“Untuk malam puncak 28 Oktober seperti yang dikatakan oleh pak ketua. Itu akan berlangsung di Hotel Satria, ada dialog hukum di situ. Khusus Upacara itu dikantor Wali Kota Parepare,” tutupnya. (sua) 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...