Akademisi Dorong Ada Perda Perkuat Perlindungan Cagar Budaya

0 Komentar
Para pembicara bersama panitia berfoto bersama setelah membahas terkait upaya merawat cagar budaya sebagai pembentukan karakter dan identitas nasional di hotel Singgasana, 21 Oktober. (Muhclis Abduh/FAJAR)

Para pembicara bersama panitia berfoto bersama setelah membahas terkait upaya merawat cagar budaya sebagai pembentukan karakter dan identitas nasional di hotel Singgasana, 21 Oktober. (Muhclis Abduh/FAJAR)

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Keberadaan cagar budaya penting untuk dijaga sebagai identitas bangsa dan negara. Perlindungan dari sisi regulasi tingkat daerah mendesak untuk dibuat. 

Lembaga Lingkar bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan seminar nasional dengan tema merawat cagar budaya sebagai pembentukan karakter dan identitas nasional.

Pemateri seminar, Asmunandar menyampaikan secara umum regulasi perlindungan cagar budaya sudah sepatutnya dibuat hingga ke tataran provinsi atau kota. Bukan hanya mengandalkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya. 

“Supaya masyarakat bisa ikut terdorong dalam melindungi. Kalau ada pergub atau perwali yang dibuat maka posisi perlindungan cagar budaya akan jadi lebih kuat,” paparnya Dosen Sejarah UNM ini di Hotel Singgasana, Senin, 21 Oktober. 

Ia menyatakan di banyak daerah kini sudah ada aturan daerah untuk mendorong masyarakat lebih mencintai identitas mereka. 

“Selama ini hanya komunitas yang mendorong untuk pelestarian cagar budaya, kita mau juga pemerintah daerah juga ikut terlibat melalui regulasi,” tutur Asmunandar. 

Ketua Panitia Seminar Nasional, Ruth Leyrisna Hasugian menyatakan cagar budaya yang ada saat ini harus terus mendapatkan perhatian yang luas dan intens. 

Dia berharap melalui kegiatan seminar ini para segenap peserta yang hadir dapat membangun kesadaran dalam menjaga warisan sejarah. 

“Cagar budaya merupakan peninggalan sejarah yang membentuk identitas kita. Melupakan cagar budaya maka kita kehilangan indentitas,” paparnya. (abd)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...