Jalan Terjal Menuju Juara

0 Komentar

Kapten PSM, Wiljan Pluim pada laga lanjutan Liga 1 PSM vs Persija di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Minggu, 20 Oktober. PSM takluk 0-1. ABE BANDOE/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –– Jalan PSM menuju tangga juara makin terjal. Pasukan Ramang takluk 0-1 saat menjamu Persija di Stadion Andi Mattalatta, Minggu, 20 Oktober.

Sungguh buruk. Tren positif usai pesta gol kala menjamu Arema FC malah antiklimaks. Padahal ekspektasi tinggi terhadap tim kebanggaan masyarakat Sulsel untuk mampu melibas Macan Kemayoran (julukan Persija) justru berujung kekalahan.

Melirik rekam jejak Persija saat berkunjung ke Stadion Andi Mattalatta, PSM sebetulnya baru kalah sekali dan sekali imbang dari enam kali kunjungannya.
Namun hasil memalukan tadi malam, membuat Persija memperbaiki catatan buruknya di markas PSM.

Padahal mereka menggunakan formasi serupa dengan lawan Arema FC. Yakni dengan mengandalkan Ezra Walian, Rizky Eka Pratama serta Ferdinand Sinaga di lini serang sepanjang babak pertama tak ada satu pun gol yang bisa bersarang di gawang yang dijaga oleh Andritani kiper Persija.

Di babak kedua, Pelatih PSM, Darije Kalezic, mengganti secara bertahap ketiga lini depannya itu. Ferdinand diganti oleh rekrutan anyarnya, Amino Balde di menit ke-67. Lalu Zulham Zamrun masuk menggantikan Ezra di menit ke-69. Rizky ditarik keluar dan digantikan M Rahmat di menit ke-77.

Berharap ada kreasi serangan yang bisa menorehkan gol dengan masuknya ketiga pemain itu, justru striker Persija, Marco Simic, menjebol gawang yang dijaga oleh Rivky Mokodompit.

Hasil ini, membuat PSM tertahan di papan tengah klasemen dengan posisi sembilan. Ekspektasi untuk bisa meraih juara sudah tidak memungkinkan. Bahkan, untuk bisa bertengger di papan atas perlu upaya ekstra.

Melihat performa anak asuhnya, Darije sudah cukup bangga. Meski begitu, ia juga kecewa sebab tidak banyam peluang yang bisa diciptakan oleh Pluim dkk.

“Kalian mungkin berharap kami menang besar enam gol seperti lawan Arema FC kemarin (laga sebelumnya). Tetapi, kalian mesti tahu, Persija datang ke sini dengan semangat untuk hidup di liga,” katanya usai laga.

Perlu diketahui, kalau Persija sebelum menang melawan PSM itu berada di zona degradasi. Namun kemenangan 3 poin malam ini membuat tim asal Jakarta itu, merengsek naik ke posisi 13 yang sebelumnya ada peringkat 16.

“Kalau kamu bertarung untuk hidup. Kamu seperti bisa melakukan segalanya,” puji Darije terhadap performa Persija.

Kapten PSM, Wiljan Pluim dijaga ketat Striker Persija, Simic pada laga lanjutan Liga 1 PSM vs Persija di Stadion Gelora Andi Mattalatta, Minggu, 20 Oktober. PSM takluk 0-1. ABE BANDOE/FAJAR

Asisten Pelatih Persija, Sudirman mengaku, sangat bersyukur bisa menang di markas PSM yang notabene dinilainya sebagai salah satu tim kuat di liga 1 saat ini. Laga melawan PSM memang telah dipersiapkan sebaik mungkin, untuk bisa merebut poin penuh.

Apalagi, kondisi saat ini membuat Persija harus menang untuk keluar dari zona degradasi. “Kami tahu kalau PSM punya beberapa pemain kunci. Seperti pluim misalnya. Nah beruntung klok juga tidak main (akumulasi) sehingga, itu memudahkan dalam menggunakan taktik kami,” terangnya. (gsa/yuk)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...