Paripurna Tatib DPRD Bone Diselesaikan Lobi 10 Menit

0 Komentar

Ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan bersama sejumlah anggota DPRD Bone rembuk membahas soal Tatib. (FOTO: AGUNG PRAMONO/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Rapat Paripurna Penetapan perubahan peraturan DPRD dan Tata Tertib Dewan berlangsung alot di Gedung DPRD Bone, Senin (21/10/2019) malam.

Rapat paripurna itu dihadiri sekitar 32 anggota DPRD. Rapat dimulai pada pukul 21.00 Wita dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bone, Irwandi Burhan.

Saat rapat dimulai dengan pembahasan penyempurnaan tatib dewan ada banyak hujan interupsi dari legislator milenial dan legislator senior.

Politisi Muda Partai PDIP, Andi Akhiruddin menginterupsi soal pengangkatan dan pemberhentian sekwan.

Menurutnya harus persetujuan fraksi. Kemudian komisi-komisi juga yang tidak sesuai dengan tugas dan fungsinya. Kemarin hasil konsultasi di Biro Hukum harua yang serumpun.

“Sederhananya, untuk menentukan counter pack komisi dilihat dari yang serumpung bukan dari tugas dan fungsinya,” katanya.

Namun, pembahasan lebih panjang lagi saat Politisi PBB, Saifullah Latif mengomentari juga perdebatan panjang itu. Sebab, masih ada banyak hal yang rancuh dalam tatib ini. “Saya masih dilema dengan ini. Saya masih butuh waktu mempelajarinya,” ucapnya.

Kemudian Politisi Golkar, Andi Ryad Baso Padjalangi pun langsung menginterupsi dan meminta untuk dilakukan skorsing. “Izin pimpinan, kita skorsing saja ini selama 10 menit untuk mencari solusi,” tawarnya.

Irwandi Burhan pun langsung menskorsing rapat selama 10 menit. Selama itu para legislator rembuk membicarakan soal itu. Tak butuh waktu lama setelah rembuk keluar kesimpulan untuk mengesahkan tatib yang langsung disahkan oleh Ketua DPRD Bone.

Saifullah pun langsung menyambut bahagia hal itu. Sebab, masih banyak agenda yang mendesak lainnya. “Kita ini sudah sudah bekerja, dan banyak hal lain lagi yang harus dibahas,” gerutunya. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...