Satellite Events Ubud Writers Readers Festival akan Digelar di Lima Kota di Indonesia

0 Komentar

Foto: Istimewa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA –– Ubud Writers & Readers Festival akan diselenggarakan 23-27 Oktober 2019 nanti. Meski acara utama dipusatkan di Ubud Bali dan sekitarnya, UWRF juga mempersembahkan deretan program menarik di berbagai kota lain di Indonesia melalui Satellite Events.

Tahun ini Satellite Events akan digelar di Banten, Jakarta, Semarang, Banjarmasin, dan Berau. Dikemas dalam belasan program dan menghadirkan sembilan pemateri termasuk para pembicara festival, Satellite Events tahun ini bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Kedutaan Besar Australia di Jakarta, dan Pemerintah Kota Semarang.

Rangkaian acaranya akan dimulai pada tanggal 28 Oktober hingga 2 November mendatang.

Seperti diketahui, Ubud Writers & Readers Festival pertama kali diselenggarakan 2004 lalu dan kini telah dikenal sebagai perhelatan internasional terkemuka.
The Telegraph UK bahkan menyebutnya sebagai salah satu dari lima festival sastra terbaik dunia untuk tahun 2019. Mengusung tema Karma, penyelengaraan festival pada tahun ke-16 ini menghadirkan lebih dari 180 pembicara dari 30 negara dan lebih dari 170 program mulai dari panel diskusi, lokakarya, acara spesial, pemutaran film, peluncuran buku, pameran seni, dan masih banyak lagi.

Meskipun acara utama diselenggarakan di Ubud dan sekitarnya, UWRF juga mempersembahkan deretan program menarik di berbagai kota lain di Indonesia melalui Satellite Events.

Acara ini digelar agar para pencinta sastra, seni, budaya, hingga masyarakat yang peduli dengan isu-isu global tetap dapat mendapatkan wawasan baru sebagaimana mereka yang dapat menikmati perhelatan UWRF di Ubud.

Dikemas dalam belasan program dan menghadirkan sembilan pemateri termasuk para pembicara festival, Satellite Events tahun ini bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Kedutaan Besar Australia di Jakarta, dan Pemerintah Kota Semarang.

Terence Ward, seorang penulis, pembuat dokumenter, dan konsultan lintas budaya yang telah menerima Award of Recognation for Enhancing Appreciation of Iranian Culture dari Iranian Muslim Association of North America, akan ikut mengisi empat sesi yang digelar di Jakarta dan Banten pada Senin (28/10/2019) hingga Kamis (31/10/2019).

Salah satu sesi yang melibatkan Terence Ward bertajuk A Book Club with Terence Ward dijadwalkan pada Selasa (29/10/2019) di The Reading Room, Jakarta. Dalam sesi yang akan melibatkan komunitas BACA. DENGAR. RASA. ini, Terence akan berbagi kisah hidupnya yang tak biasa, serta buku-bukunya. Sementara, sesi A Conversation with Terence Ward pada Rabu (30/10/2019) di Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Banten akan dimoderatori oleh Sakdiyah Ma’ruf.

Di Kalimantan, pada Selasa (29/10/2019), UWRF menggelar sesi New Home, New Hope di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sesi ini juga menghadirkan dua pembicara yang terlibat dalam UWRF 2019, yaitu Jenny Zhang. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...