SMAN 1 Makassar Mulai Dikosongkan, Siswa Belajar di Aula

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ruang kelas di gedung berlantai tiga SMAN 1 Makassar mulai dikosongkan hari ini, Senin, 21 Oktober. Para siswa
mulai menempati ruang kelas baru.

Fasilitas belajar di ruang kelas lama sudah berpindah. Ada yang menempati aula kelas, laboratorium, hingga ruang tata usaha untuk memenuhi kebutuhan dalam aktivitas belajar mengajar.

Plt Kepala SMAN 1 Makassar, Arifin Tamma mengatakan, simulasi pemindahan ruang kelas sudah dilakukan sejak pekan lalu. Begitupun fasilitas belajar mengajar, sudah diangkut oleh para siswa ke ruangan baru.

Skema pembelajaran baru pun mulai diberlakukan. Dalam satu jam pertemuan, siswa hanya akan dibebankan waktu belajar selama 30 menit. Berkurang 15 menit dari sebelumnya.

“Siswa kelas X juga mulai masuk siang pada pukul 12.45 wita. Sementara kelas XI dan XII mulai pagi hari pada pukul 07.15,” ungkapnya kepada FAJAR saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Dia mengakui kondisi seperti akan dialami siswa hingga April 2020 mendatang. Akhir Maret siswa kelas XII akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jika mereka selesai, pembelajaran akan kembali normal seperti sedia kala.

Begitu pula jika bangunan baru sudah selesai, otomatis siswa baru pada 2020 mendatang serta kelas XI dan XII sudah bisa menempati ruang kelas baru. Makanya dia berharap, agar pemprov segera mewujudkan pembangunan gedung baru.

Saat mengumpulkan orang tua siswa, mereka mendukung upaya yang dilakukan pihak sekolah. Bahkan, kata dia, banyak yang ingin menyumbang. “Mulai dari pendingin ruangan, hingga ada yang ingin menyumbang pembangunan ruang kelas,” ungkapnya.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah berjanji segera mewujudkan pembangunan gedung. Dia sudah meminta Bappeda Sulsel mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar pada APBD 2020 mendatang. (ful)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...