Hindari Penyebaran HIV/AIDS, Ini Yang Dilakukan Warga Koopsau II

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Demi menghindari penyebaran imun HIV/AIDS, segenap warga Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) II melaksanakan kegiatan caramah Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV/AIDS, dan pengambilan sampel darah segenap personel, di Gedung Suryadi Suryadarma Makoopsau II, Senin (21/10/2019).


Tidak tanggung-tanggung, menghadirkan Ketua Pokja HIV/AIDS Rumah Sakit Umum Kota Makassar, dr. Hasan, SpPD, sebagai penceramah, yang dihadiri langsung Kepala Staf Koopsau II Marsma TNI Andi Kustoro, serta pejabat Makoopsau II, para Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Makoopsau II.


Dr. Hasan, SpPD. dalam ceramahnya menyampaikan bahwa Infeksi Menular Seksual (IMS) salah satu penularannya melalui hubungan seksual, juga dapat ditularkan dari ibu yang menderita ke janin atau bayinya serta melalui alat tembus kulit (darah). Adapun perilaku beresiko yang dapat mempermudah penularan IMS, yaitu berhubungan seks yang tidak aman dengan penderita IMS, mempunyai pasangan seksual lebih dari satu, serta melakukan hubungan seks secara anal.


Lebih lanjut dr. Hasan SpPD mengatakan, gejala dari IMS adalah keluarnya cairan yang tidak normal atau sakit pada vagina, sakit pada penis, luka pada sekitar alat kelamin, nyeri perut bagian bawah bagi perempuan, pembengkakan testis, radang mata pada bayi yang baru lahir.
Sedangkan hubungan IMS dan HIV AIDS adalah, meningkatkan risiko tertular HIV, pengidap HIV menjadi rentan terhadap berbagai penyakit termasuk IMS, pengidap HIV yang juga IMS akan lebih cepat menjadi AIDS serta lebih mudah menularkan.
Menariknya, usai ceramah dilanjutkan dengan pengambilan sampel darah bagi seluruh personel Makoopsau II, baik militer maupun PNS yang diawali oleh Kepala Staf Koopsau II Marsma TNI Andi Kustoro yang diikuti para Asisten, Sahli, Komandan, Perwira, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Makoopsau II untuk dilakukan pengecekan dalam rangka mengantisipasi agar tidak terjadi penularan HIV AIDS bagi personel Makoopsau II. (lis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...