Kopi Toraja Panusu Jawara di Kontes Kopi Spesialti Indonesia 2019

0 Komentar

Saat penghargaan juara diraih.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kopi Arabika Toraja kembali meraih tempat terbaik. Selain rasa dan aromanya, racikan yang dibuat juga menjadikan rasa Kopi Arabika Toraja lebih nikmat disuguhkan.

Hal ini yang juga membuat tingkat konsumsi dan nilai jual meningkat, bahkan sebagian warga di Toraja menjadikan ini sebagai lahan pendapatan untuk meningkatkan taraf ekonomi.

Untuk itu, Kopi Toraja Panusu ini diikutkan Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) 2019. Event ke-11 ini dilaksanakan oleh Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) di Bandung, Jawa Barat pada Sabtu, 19 Oktober 2019.

CEO Produsen Kopi Raja-raja Toraja, Esrawadi Para’pak mengatakan kopi Arabika Toraja Panusu ini merebut posisi pertama pada kategori Arabika proses wash.

Kata dia, untuk kategori kopi yang di pertandingkan dilihat dari bentuk biji, kualitas, aroma serta rasa. Semuanya dimiliki Kopi Arabica Panusu, yang mampu mengalahkan lebih dari 500 jenis kopi dari seluruh Indonesia.

“Dari kurang lebih 500 sampel kopi yang dikirim ke Panitia, kemudian dipilih 15 terbaik masing-masing kategori yang terbaik untuk final dan di final itu kami juara 1 Kategori Arabica proses wash,”ucap Eccha sapaannya kepada FAJAR, Senin, 21 Oktober 2019.

Selain kopi Arabica, Kopi Robusta yang mereka perlombakan juga mendapat posisi kedua. Produsen kopi Robusta dari kopi Raja-raja Toraja, Candra Tandi Bongga mengatakan untuk itu, saat ini banyak pemesan dan konsumen kopi Toraja dari dalam dan luar negeri.

Dengan begini selain permintaan kepada petani otomatis meningkat, pemasukan ekonomi di Toraja juga berputar baik.

“Puji Tuhan, kami berhasil membawa Arabica Toraja menjadi nomor 1 di KKSI ke 11 dan Robusta juara 2 dari Kopi Raja-Raja Toraja bisa mengharumkam nama Toraja,” ucapnya.

Bukan baru pertama kali meraih juara satu pada Kontes Kopi Spesialti Indonesia. Tahun lalu, Esrawadi bersama Koperasi Petani Kopi Kampung kabupaten Mamasa berhasil meraih Juara 1 pada KKSI ke-10. (wis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...