Minum Air Kunyit, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID– Kunyit adalah salah satu rempah khas berwarna kuning oranye. Selain sebagai bumbu dapur, kunyit juga punya manfaat untuk kesehatan salah satunya sebagai detoksifikasi. Artinya memberi tubuh istirahat dan membuang semua racun dari dalam tubuh.

Maka, tak ada salahnya memasukkan kunyit dalam asupan sehari-hari. Apalagi jika selama ini Anda melakukan gaya hidup tidak sehat dan sering terpapar polusi, maka kunyit bisa menjadi solusi detoksifikasi. Kunyit telah terbukti bermanfaat dalam meremajakan tubuh dan mengeluarkan racun.

Cara membuat air kunyit di rumah cukup mudah. Cukup rebus beberapa ruas kunyit dalam panci dan didihkan. Tambahkan perasan lemon. Lalu tambahkan madu. Minumlah air kunyit detoks ini secara teratur setiap hari seperti dilansir dari NDTV, Selasa (22/10). Setidaknya ada lima manfaat yang bisa dirasakn tubuh.

  1. Anti-Virus dan Anti-Bakter

Kurkumin dalam kunyit diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Lipopolysaccharide adalah zat dalam kunyit terkenal karena sifat anti-bakteri dan anti-virus.

2. Menyembuhkan Nyeri

Untuk waktu yang lama, kunyit dicampur dengan susu dapat mencegah sakit sendi dan menangkal risiko infeksi dan flu. Sifat anti-inflamasi kunyit juga membantu menyembuhkan nyeri rematik dan peradangan ringan.

3. Kesehatan Kulit

Antioksidan yang terkandung dalam kunyit membantu menghambat aktivitas radikal bebas. Minum air kunyit setiap hari dapat membantu kulit menjadi lebih bercahaya, sehat dan muda.

4. Turunkan Berat Badan dan Sehatkan Pencernaan

Kunyit dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Beberapa komponen kunyit diketahui merangsang kandung empedu untuk menghasilkan empedu, sehingga membuat sistem pencernaan lebih efisien. Kunyit juga dapat mengurangi gejala kembung dan gas. Pencernaan yang baik adalah kunci untuk mencapai metabolisme yang sehat. Metabolisme yang sehat terkait dengan penurunan berat badan dan manajemen berat badan.

5. Sehatkan Hati

Kunyit meningkatkan produksi enzim vital yang bertanggung jawab untuk mendetoksifikasi darah kita yang masuk ke hati dengan memecah racun. (jpg/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...