Preview Juventus vs Lokomotiv: Jaga Keangkeran Kandang

0 Komentar

Cristiano Ronaldo/Juventus FC

FAJAR.CO.ID, TURIN—Juventus akan menjamu Lokomotiv Moskow di matchday ketiga Grup D Liga Champions. Ada tradisi bagus Juve saat menjamu wakil Rusia dan mereka akan berusaha mempertahankannya, dinihari nanti.

Pada tiga laga terdahulu, Si Nyonya Tua selalu bisa mengatasi perlawanan klub Rusia di Turin. Bukan sekadar menang, raksasa Serie A Italia itu juga mampu mencetak banyak gol. Tercatat Bianconeri total melesakkan sembilan gol dan hanya kebobolan sekali.

Paling baru, Juventus mengalahkan Zenit dengan skor 1-0 di babak penyisihan grup Liga Champions 2008/2009. Dan dengan performa mereka sejauh ini, sepertinya bukan pekerjaan sulit bagi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan untuk meneruskan tradisi bagus itu.

Apalagi, head to head memperlihatkan Juventus memang cukup superior atas Lokomotiv Moskow. Mereka memenangkan dua pertandingan sebelumnya tanpa kebobolan sekalipun. Itu terjadi di putaran pertama Piala UEFA 1993/94 dimana Juve mengungguli lawannya dengan agregat 4-0.

Namun, Pelatih Juventus, Maurizio Sarri menegaskan bahwa untuk bisa menjaga superiotas itu, timnya tidak boleh bermain seperti saat mengalahkan Bologna dengan skor tipis 2-1, awal pekan lalu. “Kita harus menguasai bola dan mengontrol pertandingan. Kalau tidak, lawan akan memberi ancaman,” kata Sarri di DAZN.

Skenario yang diharapkan eks pelatih Chelsea itu sederhana. Mereka memenangi bola dan segera melakukan transisi dari bertahan ke menyerang. “Saya lihat, Juventus tidak melakukan itu dengan. Ini harus dibenahi,” tegasnya.

Gelandang Juventus, Miralem Pjanic menambahkan, mereka sudah bermain cukup bagus di beberapa laga sebelumnya. Akan tetapi, mereka perlu lebih tajam di depan gawang. Ketika ada kesempatan, mereka harus bisa menyelesaikan pertandingan lebih awal.

“Kami bermain sangat baik dengan formasi 4-3-1-2 yang baru ini, tim sedang menikmati sepak bola, kami hanya perlu mematikan pertandingan lebih awal sehingga kami tidak berada di bawah tekanan pada akhirnya,” jelasnya di Football Italia.

Selain Cristiano Ronaldo, Pjanic bisa menjadi tumpuan gol Juventus menghadapi Lokomotiv Moskow. Sejauh ini, pemain Bosnia itu sudah mencetak tiga gol dan menjadi top skor klub bersama Ronaldo. “Saya sudah banyak mencetak gol musim ini dan berharap untuk terus seperti ini,” ujarnya.

Menjadi laga kunci untuk menuju ke fase knockout, kubu Lokomotiv yang kalah 0-2 dari Atletico Madrid di matchday kedua berharap bisa mencuri poin di Allianz Stadium. Jika mampu membawa pulang poin, peluang mereka terus bersaing akan tetap terbuka sebab berikutnya mereka akan menjamu Juve di Rusia.

Penyerang Lokomotiv, Fedor Smolov mengatakan, saat kalah dari Atletico, mereka bermain cukup bagus. Makanya, ia optimis mereka juga bisa merepotkan Juventus. “Kami benar-benar percaya diri setelah menang pada pertandingan pertama dan melihat ke depan ke laga berikutnya,” katanya di situs resmi UEFA.

Pelatih Lokomotiv, Yuri Semin sementara itu memastikan bahwa mereka akan tidak akan mengubah gaya bermain di Liga Champions kendati secara kualitas lawan mereka lebih baik. “Tidak ada perbedaan antara Liga Champions dan liga. Kami ingin menjaga keseimbangan,” tegasnya di AS.

Di pertandingan ini, Juve tidak bisa diperkuat Giorgio Chiellini, Mattia Perin dan Mattia De Sciglio. Sementara Douglas Costa dan Aaron Ramsey yang absen melawan Bologna juga masih tanda tanya. Dengan begitu, hanya posisi Adrien Rabiot yang bisa berubah di lapangan tengah.

Sedangkan Lokomotiv, Fedor Smolov bisa kembali bermain setelah absen dalam pertandingan liga Jumat melawan Akhmat Grozny. Namun, Anton Miranchuk, Jefferson Farfan dan Boris Rotenberg masih akan tetap absen. (amr)

Prakiraan Pemain

Juventus (4-3-3): Szczesny; Cuadrado, Bonucci, De Ligt, Sandro; Matuidi, Pjanic, Khedira; Ronaldo, Higuain, Bernardeschi

Lokomotiv Moskow (4-5-1): Guilherme; Ignatyev, Howedes, Corluka, Rybus; Mario, Krychowiak, Murilo, Barinov, Zhemaletdinov; Smolov

Head to head

28/09/93 Lokomotiv Moscow 0-1 Juventus

15/09/93 Juventus 3-0 Lokomotiv Moscow

Lima pertandingan terakhir Juventus

10/19/19 Juventus 2-1 Bologna
10/06/19 Inter Milan 1-2 Juventus
10/01/19 Juventus 3-0 Bayer Leverkusen
09/28/19 Juventus 2-0 SPAL
09/24/19 Brescia 1-2 Juventus

Lima pertandingan terakhir Lokomotif Moscow

10/18/19 Akhmat 0-2 Lokomotiv Moscow
10/06/19 Lokomotiv Moscow 2-1 Arsenal Tula
10/01/19 Lokomotiv Moscow 0-2 Atletico Madrid
09/28/19 Lokomotiv Moscow 1-0 Zenit
09/25/19 Baltika 1-1 Lokomotiv Moscow

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...