Siapkan Generasi Berdaya Saing Global


Oleh: YusriadiMASA depan suatu bangsa ditentukan generasi mudanya. Jika gemblengannya baik, yakin bangsanya akan makin baik pula. Tak hanya cerdas akademik, tetapi juga punya kemampuan untuk membangun usaha. 

Setiap daerah perlu memikirkan itu. Bibit-bibit entrepreneur muda harus disiapkan sejak dini. Kelak mereka yang akan membangun lapangan kerja lewat usaha masing-masing, demi kemajuan ekonomi daerah, termasuk Indonesia.  

Provinsi Sulsel sendiri sangat menyadari hal itu. Makanya, pelbagai program disiapkan untuk menumbuhkan kader-kader usahawan yang mampu berdaya saing global. 

Salah satunya seperti program yang digagas Dinas Koperasi dan UKM Sulsel yakni sekolah wirausaha muda “Young Entrepreneur School Sulawesi Selatan (YESS)”. Tahun 2019 ini sudah angkatan ketiga. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Malik Faisal yang juga pembina YESS, menyampaikan, dua angkatan sebelumnya di antara siswanya sudah ada jadi pengusaha. Khusus angkatan kedua, ada salah satu yang menerima bantuan modal usaha dari pusat. 

“Dia bergerak di bidang programing. Artinya dia bisa menciptakan usaha yang tidak menutup kemungkinan bisa menarik tenaga kerja. Minimal teman atau orang-orang di sekelilingnya,” ujar Malik di Makassar, Selasa (22/10/2019). 

Malik menjelaskan, program YESS bertujuan menyiapkan generasi muda Sulsel yang unggul. Khususnya bagi yang memiliki jiwa entrepreneurship dan siap berkompetisi secara global. 

”Persaingan SDM global sangat ketat. YESS hadir menyiapkan generasi unggul yang profesional, berintegritas, dan berjiwa wirausaha,” katanya. Program YESS adalah sekolah nonformal yang menyasar siswa SMA atau sederajat. Masa kegiatan berlangsung selama tiga bulan, dengan delapan kali pertemuan setiap bulan, khusus Sabtu dan Minggu. 

Komentar


KONTEN BERSPONSOR