Lebih Dekat dengan Calon Kapolri, Begini Sosoknya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Jenderal Tito Karnavian diperkenalkan secara resmi menjabat sebagai Mendagri di Kabinet Indonesia Maju, Rabu (22/10/2019).

Posisinya sebagai Kapolri pun telah diberhentikan. Nah siapa penggantinya belum ditetapkan. Dari beberapa yang mulai mencuat, nama Kabareskrim Polri, Komjen Idham Azis, salah satu kandidat terkuat. “Saya dengar begitu (calon Kapolri),” ujar Tito di Kompleks Istana Kepresidenan, saat ditanya soal nama Idham Azis soal calon Kapolri, Rabu (23/10).

Idham Azis, tidak asing bagi publik. Sejak Januari 2019 lalu, telah menjabat sebagai Kepala Bareskrim (Kabareskrim) Polri, setelah sebelumnya menduduki posisi sebagai Kapolda Metro Jaya.

Penimilik tiga bintang di pundak ini merupakan pria yang besar di Kampung Salo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Idham lahir 30 Januari 1963 dan sudah malang melintang di berbagai jabatan di tubuh Polri, terutama di bidang reserse. Ia adalah lulusan Akpol tahun 1988, yang juga dikenal ahli dalam bidang anti-terorisme.

Salah satu yang prestasi Idham paling dikenang publik adalah saat ia tergabung dalam tim Bareskrim yang melumpuhkan teroris kelas kakap Dr. Azahari di Batu, Jawa Timur pada 2005, bersama Tito Karnavian. (imn/jpg)