Preview Ajax vs Chelsea: Saling Hormat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, AMSTERDAM—Ajax dan Chelsea saling melontarkan pujian menjelang duel mereka di matchday ketiga Grup H Liga Champions. Itu wajar jika melihat performa mereka sejauh ini.

Kedua klub memang sama-sama tengah dalam kondisi onfire. Baik Ajax maupun Chelsea menyapu bersih lima pertandingan terakhir mereka. Bukan sekadar menang, mereka juga mencetak cukup banyak gol.

Ajax dalam lima pertandingan mereka total melesakkan 14 gol dan hanya kebobolan sekali. Sementara The Blues, julukan Chelsea mencetak 16 gol atau rata-rata lebih tiga gol per pertandingan dan kebobolan empat kali.

Jadi, tidak berlebihan kalau kedua kubu memilih memberi respek pada lawan masing-masing. Bahkan, Ajax sebagai tuan rumah sama sekali tidak berpikir pertandingan di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, dinihari nanti akan mudah bagi mereka.

“(Chelsea) Itu tim yang sangat bagus. Saya tidak ingin terlalu rendah hati dan melihat diri kami sebagai underdog, namun demikian, ketika sebuah tim Belanda bermain melawan tim kedua dari Prancis, pemenang keempat dan Spanyol dan klub Liga Premier, maka kami jelas seperti itu,” kata Pelatih Ajax, Erik Ten Hag di Yahoo Sports.

Walau demikian, Erik yang musim lalu sukses mengantar Ajax hingga ke semifinal menegaskan mereka sama sekali tidak gentar. Menurutnya, dengan kualitas yang mereka miliki, kemenangan bukan sesuatu yang mustahil.

“Kami memiliki kepercayaan diri dan mengembangkan gaya bermain yang dengan itu kami dapat menimbulkan masalah bagi setiap lawan. Kami tidak takut pada tim mana pun dan dapat mengalahkan Chelsea. Tetapi untuk itu, kami membutuhkan performa terbaik,” tegasnya.


Bek Ajax, Joel Veltman juga mengharapkan timnya bermain lebih baik melawan Chelsea. Ia mengingatkan itu setelah penampilan kurang meyakinkan mereka saat menang 2-1 atas RKC Waalwijk akhir pekan lalu.

“Tentu saja kita harus belajar dari itu, tetapi Chelsea yang datang berkunjung di Liga Champions adalah sesuatu yang sama sekali berbeda. Duel itu berdiri sendiri,” kata Veltman dikutip dari Voetbal Primeur.

Tuan rumah tanpa masalah pemain jelang pertandingan ini. Sebaliknya, Chelsea akan kehilangan Andreas Christensen dan Ruben Loftus-Cheek. Selain itu, Ross Barkley, N’Golo Kante, Toni Rudiger dan Emerson Palmieri juga masih meragukan.

Tapi, Veltman tak menganggap itu sebagai alasan untuk meremehkan Chelsea. “Tidak akan ada yang diremehkan. Chelsea tetap menjadi Chelsea. Mereka tentu memiliki beberapa pemain bagus. Saya terutama melihat striker mereka, Tammy Abraham yang berusia 22 tahun. Dia dipinjamkan beberapa kali, tetapi sekarang bermain dengan sangat baik,” jelas Veltman.

Seperti Erik, Manajer Chelsea, Frank Lampard menganggap Ajax akan jadi lawan sepadan anak asuhnya. “Sekarang satu (pelajaran) lagi lawan Ajax, tim level atas yang melaju hingga semifinal dan bermain dengan cara yang pasti. Pergerakan tim dan cara mereka bermain akan menjadi ujian besar bagi kami,” jelas Lampard di situs resmi Chelsea.

Abraham yang tengah naik daun menambahkan, untuk bisa mengamankan jalur ke fase knockout, Chelsea yang kini di posisi ketiga Grup H dengan tiga angka harus bisa mencuri poin di Amsterdam. Makanya, striker Inggris berharap mereka bermain bagus seperti di Lille.

“Kami tahu ini pertandingan besar bagi kami. Ajax seperti kita, mereka memiliki banyak pemain muda dan memainkan sepakbola yang baik. Kami tahu itu tidak akan mudah, tetapi saya percaya pada diri saya dan tim saya bisa mendapatkan hasil di sana. Kami kembali ke jalur semula di Lille dan mendapatkan kemenangan. Siapa bilang kita tidak bisa melakukan hal yang sama di Ajax?” tegasnya. (amr)

Prakiraan Pemain

Ajax (4-2-3-1): Onana; Dest, Vieltman, Blind, Tagliafico; Beek, Martinez; Ziyech, Promes, Neres; Tadic

Chelsea (4-3-3): Arrizabalaga; Azpilicueta, Zouma, Tomori, Alonso; Kovacic, Jorginho, Mount; Willian, Abraham, Hudson-Odoi

Head to head

Belum pernah bertemu sebelumnya

Lima pertandingan terakhir Ajax

19/10/19 Waalwijk 1-2 Ajax

06/10/19 Den Haag 0-2 Ajax

02/10/19 Valencia 0-3 Ajax

28/09/19 Ajax 2-0 Groningen

25/09/19 Ajax 5-0 Fortuna Sittard

Lima pertandingan terakhir Chelsea

19/10/19 Chelsea 1-0 Newcastle United

06/10/19 Southampton 1-4 Chelsea

02/10/19 Lille 1-2 Chelsea

28/09/19 Chelsea 2-0 Brighton & Hove Albion

25/09/19 Chelsea 7-1 Grimsby Town

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...