Preview Slavia Praha vs Barcelona: Panggung Trisula MSG

Lionel Messi dan Griezmann/Alex

FAJAR.CO.ID, PRAHA—Lionel Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann akan jadi momok bagi klub Republik Ceko, Slavia Praha pada matchday ketiga Grup F Liga Champions. Trisula MSG Barcelona itu sudah mulai menebar ancaman.

KEMENANGAN 3-0 Barcelona di markas Eibar, akhir pekan lalu menjadi petunjuk jelas bagaimana berbahayanya trio MSG milik Raksasa Catalan. Pada laga itu, ketiganya tampil begitu luar dan menjadi mimpi buruk tuan rumah.

Bukan saja mencetak gol, Messi, Suarez, dan Griezmann juga begitu lihai saling melayani. Itu dibuktikan dengan dua assist yang juga mereka hasilkan. Griezmann memberi servis untuk gol Messi. Lalu, Messi menjadi kreator gol Suarez.

Keinginan trio ini menunjukkan kehebatan mereka jelas akan menjadi masalah besar bagi tuan rumah Slavia Praha di Eden Arena, dinihari nanti. Lengah sedikit saja, Slavia Praha bisa kembali menelan malu di kandang seperti saat menjamu Borussia Dortmund di matchday kedua.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde sendiri sepertinya sangat yakin kombinasi trisula barunya kini sudah bisa ia andalkan untuk menghabisi lawan-lawan mereka. Sebelumnya, Valverde sempat kesulitan memadukan MSG setelah Messi dan Suarez cedera di awal musim.

“Ini hanya masalah waktu dan pertandingan. Pada akhirnya, para pemain hebat akan selalu saling menemukan satu sama lain [di lapangan] dan tahu di mana rekan setim mereka akan berada dan tahu ke mana operan akan diberikan,” kata Valverde di MARCA.


Griezmann yang sudah mencetak empat gol musim ini tampaknya juga sudah mulai nyaman bermain bersama Messi dan Suarez. Bagi dia, penampilan bagus mereka bertiga di La Liga memperlihatkan bahwa masa-masa sulit itu sudah berlalu.

“Akan ada hari baik dan hari buruk. Aku baru saja tiba dan aku harus terbiasa dengan ini. Kami perlu saling memahami dengan lebih baik, tetapi itu akan datang dengan sendirinya dengan beberapa menit dan pertandingan,” tegasnya.


Dengan berakhirnya kritik, bomber Prancis itu kini bisa fokus menghadapi Slavia Praha. “Kami memiliki permainan yang bagus dan sekarang kami bisa memikirkan Liga Champions,” kata mantan penyerang Atletico Madrid tersebut.

Akan menghadapi kekuatan terbaik Barca, Pelatih Slavia Praha, Jindrich Trpisovsky sementara itu menegaskan dirinya sama sekali tidak gentar. Sebaliknya, ia menantang Valverde menurunkan seluruh pilar utamanya.


Bagi Jindrich Trpisovsky, momentum menghadapi Barca dengan bintang-bintang kelas satu dunia seperti sekarang adalah hal langka. “Saya berharap mereka bermain dalam komposisi terkuat. Saya ingin orang melihat pemain ini. Ini adalah game yang hebat, luar biasa,” katanya di iSport.cz.

“Jika mereka memainkan Griezmann, Suarez, Messi, Busquets, Pigue dan lainnya, saya akan senang. Anda telah menonton tim ini sepanjang hidup Anda di TV dan sekarang Anda bermain melawan mereka,” tegasnya antusias.

Jindrich Trpisovsky percaya anak asuhnya seantusias dirinya dimana mereka menyaksikan pertandingan Barca di Eibar, sesuatu yang jarang terjadi sebelumnya menjelang pertandingan. “Ini membuat semuanya lebih mudah bagi kita karena kita semua mengenal mereka,” tandasnya.

Hanya Ibrahim Traore yang kemungkinan tidak bisa dimainkan Jindrich Trpisovsky di pertemuan pertama kedua klub ini. Traore sudah absen sejak hasil imbang 1-1 kontra Inter Milan di matchday 1 karena cedera pergelangan kaki. Sementara di kubu Barca, selain Sergi Roberto, pemain lain siap bermain. (amr)

Prakiraan Pemain

Slavia Praha (4-2-3-1): Kolar; Coufal, Kudela, Hovorka, Boril; Sevcik, Soucek; Masopust, Stanciu, Olayinka; Stanislav Tecl

Barcelona (4-3-3): Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Busquest, Arthur, De Jong; Messi, Suarez, Griezmann

Head to head

Belum pernah bertemu sebelumnya

Lima pertandingan terakhir Slavia Praha
19/10/19 Slavia Praha 3-1 Pribram

06/10/19 Jablonec 0-2 Slavia Praha
02/10/19 Slavia Praha 0-2 Borussia Dortmund

27/09/19 Slavia Praha 1-0 Mlada Boleslav

25/09/19 Slavia Praha 8 – 0 Slavoj Vysehrad

Lima pertandingan terakhir Barcelona

19/10/19 Eibar 0-3 Barcelona

06/10/19 Barcelona 4-0 Sevilla

02/10/19 Barcelona 2-0 Inter Milan
28/09/19 Getafe 0-2 Barcelona

25/09/19 Barcelona 2-1 Villareal