Bea Cukai Makassar Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal

0 Komentar

Pemusnahan rokok ilegal.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Makassar, memusnahkan jutaan rokok ilegal dan puluhan miras di halaman PT Maruki, Kima, Biringkanaya, Kamis, 24 Oktober 2019.

Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Gusmiadirrahman, menyebut, priode 2018/2019 telah dilakukan penindakan sebanyak 114 kali. Hasilnya, ditemukan 3.186.812 batang rokok ilegal.

Selain itu, ada 278 kilogram tembakau iris, dan 50 botol minuman mengandung etil alkohol. “Ada yang tidak punya cukai, ada juga yang gunakan cukai palsu,” kata Gusmi sapaannya.

Berdasarkan taksiran nilai barang yang disita, Gusmi merinci mencapai Rp2,29 miliar. Sehingga kerugian negara yang dialami sekitar Rp1,18 miliar. “Ini tentunya mengganggu stabilitas perekonomian, keamanan dan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Karenanya, upaya yang dapat dilakukan saat ini, lanjutnya, memberi pemberitahuan kepada pemilik toko dan ekspedisi, agar tidak menerima dan menjual barang ilegal dari pihak manapun.

Seluruh barang ilegal yang berhasil disita itu dimusnakan, kemarin. Rokok dibakar di dalam tong. Sementara, mirasnya dituang ke dalam tong juga.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Aris Bachtiar, Denpom XIV/6 Makassar, dan instansi pemerintah lainnya turut hadir dalam pemusnahan tersebut.

Menurutnya, kerugian negara dari barang ilegal ini tidak kecil. Karenanya, Polres Pelabuhan Makassar tentu ikut mendukung Bea Cukai Makassar. (ans)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...