Bukan Messi, Pelatih Barca Tunjuk Kiper Stegen sebagai Pahlawan

0 Komentar

Marc-Andre ter Stegen berusaha menghalau bola di depan gawangnya/Getty Images

FAJAR.CO.ID, PRAHA—Lionel Messi mencetak satu gol dan mengkreasi gol bunuh diri yang membuat Barcelona menang atas Slavia Praha di matchday ketiga Grup F Liga Champions. Akan tetapi, Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde memilih memuji penjaga gawang mereka, Marc-Andre ter Stegen pasca pertandingan.

Sang penjaga gawang memang melakukan sejumlah penyelamatan penting di Praha. Dan Valverde menyebut bahwa aksi heroik Stegen menjad kunci sukses mereka di Liga Champions musim ini. “Ter Stegen telah menjadi pemain kunci kami di ketiga pertandingan Liga Champions sejauh ini,” kata Valverde di situs resmi UEFA.


Valverde tak lupa memuji Slavia yang benar-benar merepotkan mereka sepanjang pertandingan. “Persis seperti penampilan Slavia yang kami harapkan. Ketika kami kehilangan bola, mereka melempar orang ke depan dan pada akhirnya mereka mengambil begitu banyak risiko itu,” jelasnya.


Dalam laga di Sinobo Stadium, Kamis, 24 Oktober, yang berakhir subuh Wita, Barca terlihat akan pesta gol ketika memulai pertandingan dengan sangat bagus. Saat laga baru berjalan tiga menit, sang superstar, Lionel Messi sudah menjebol gawang Slavia.

Bermula dari kesalahan barisan pertahanan tuan rumah, Frenkie de Jong mengirim umpan kepada Arthur di sisi kiri. Arthur kemudian memberikan bola kepada Lionel Messi yang tidak terkawal di kotak penalti. Dengan mudah, kapten Barca itu menaklukkan kiper Slavia, Ondrej Kolar dengan sontekan kaki kiri.

Slavia yang tidak ingin malu lagi di kandang setelah matchday sebelumnya dikalahkan Borussia Dortmund langsung merespons setelah kebobolan. Mereka setidaknya mendapat tiga peluang bagus. Sayang tidak ada yang berujung gol. Termasuk tembakan kaki kiri Peter Olayinka di menit ke-37 yang ditepis Marc-Andre ter Stegen.

Namun, usaha mereka pada akhirnya bisa membuahkan hasil. Pada menit ke-50, Jan Boril mampu benar-benar menaklukkan Stegen yang melakukan tiga save di babak pertama. Boril melesakkan golnya lewat tendangan dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Lukas Masopust.

Sayang, akibat sebuah pelanggaran di menit ke-56 yang dilakukan Lukas Masopust, Barca kembali bisa memimpin. Bermula dari tendangan bebas Messi, Luis Suarez yang berdiri di tiang jauh berhasil menendang bola ke mulut gawang. Bola itu mengenai dada Peter Olayinka yang akhirnya berbelok masuk ke dalam gawang.

Laga semakin sengit setelah skor berubah menjadi 2-1. Silih berganti kedua klub mendapatkan peluang bagus. Namun, penampilan hebat kedua penjaga gawang membuat tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 2-1 pun menjadi hasil akhir.

Dengan hasil ini, Barca memuncaki klasemen dengan poin tujuh hasil dua kemenangan dan sekali imbang. Sementara Slavia kini turun menjadi juru kunci. Mengoleksi poin satu, mereka terpaut tiga angka di bawah Inter Milan dan Borussia Dortmund. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...