Isu Ketahanan Pangan Bawa Bupati Adnan Terbaik di Lemhannas

Kamis, 24 Oktober 2019 18:51

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA — Ketahanan pangan berperan strategis dalam mendukung ketahanan nasional. Pangan bukan hanya sebagai komoditi ekonomi, tetapi merupakan komoditi yang memiliki fungsi sosial dan politik, baik lokal, regional, nasional, maupun global.

Isu tersebut menjadi hal yang diangkat Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, dalam pemaparan esainya di bidang studi Empat Konsensus Dasar Bangsa (SBS) Ketahanan Nasional pada Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkat (P3DA) X Lemhanas 2019 di Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019, kemarin.

“Mengangkat judul Implementasi Ketahanan Pangan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Gowa, essai itu berhasil membawa pak Adnan menjadi peserta terbaik,” ujar Kabag Humas dan Kerjasama Pemkab Gowa, Indra Wahyudi Yusuf.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, membeberkan ketahanan pangan memiliki pengaruh yang penting terhadap ketahanan ekonomi. Apalagi dengan melihat pertumbuhan penduduk, maka kebutuhan pangan merupakan kebutuhan dasar yang berkelanjutan.

Menurutnya, kebutuhan akan ketersediaan pangan yang cukup, aman dan berkualitas semakin menjadi tuntutan. Pasalnya, pangan menjadi kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup dan melakukan aktivitas sehari-hari, sementara ketahanan pangan adalah jaminan bagi manusia untuk hidup sehat dan bekerja secara produktif.

Ia mengungkapkan, di Kabupaten Gowa sendiri sektor pertanian masih memegang peranan penting dalam struktur perekonomian. Hal ini dapat dilihat pada kontribusi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Gowa, di mana pada 2015 hingga 2018 selalu berada di posisi terbesar kontribusinya.

Bagikan berita ini:
5
4
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar