Ternyata Ini Pertimbangan Jokowi Percayakan Dokter Terawan Sebagai Menteri Kesehatan

Kamis, 24 Oktober 2019 20:30

Menkes Terawan Agus Putranto. Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID,JAKARTA – Penunjukan dr Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan, mendapat penolakan dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Ternyata, Presiden Jokowi punya pertimbangan sendiri mempercayakan urusan kesehatan pada mantan kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto itu.

Menurut Jokowi, terkait posisi ,enkes, tugas utama menterinya ini lebih kepada urusan pengelolaan atau manajemen. Baik itu manajemen anggaran, personalia, maupun pendistribusian anggaran agar betul-betul dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

“Sehingga menterinya harus memiliki pengalaman manajemen yang baik. Saya melihat Dokter Terawan memiliki kemampuan manajemen seperti itu,” ungkap Presiden Jokowi, saat berdialog dengan jurnalis di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).

Alasan lainnya, dr Terawan merupakan ketua ikatan dokter militer dunia. Hal itu menurut Jokowi, menunjukkan jam terbang veteran dengan pangkat Letjen TNI tersebut tidak perlu diragukan lagi.

Selain itu, pengalaman dr Terawan di lapangan menghadapi bencana maupun ancaman-ancaman endemik. Sebab, Indonesia berada di posisi rawan bencana dan penyakit endemik.

“Dan saya lihat waktu beberapa kali saya undang orientasinya adalah preventif. Itu yang akan dititikberatkan. Artinya yang berkaitan dengan pola hidup yang sehat, pola makan yang sehat. Olahraga yang sehat, bukan titik beratnya pada mengurusi yang orang sakit. Tapi membuat rakyat kita sehat,” tandas Presiden Jokowi tentang tupoksi Menkes Dr Terawan. (jpnn)

Bagikan berita ini:
9
10
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar