YOSS Ancam Proses Hukum, Ini Tantangan Gubernur Sulsel

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ancaman proses hukum dari Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) tak membuat Pemprov Sulsel gentar. Pemprov justru menantang YOSS buka-bukaan.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengemukakan, sebetulnya tak ingin jika persoalan penyerahan Stadion Mattoanging masuk ke ranah hukum. Dia lebih senang jika semua diselesaikan secara kekeluargaan.

Selama ini, kata dia, stadion tersebut sudah dikelola oleh YOSS tanpa keterlibatan pemerintah. Padahal itu merupakan hak pemprov. Jika mau buka-bukaan, tutur Nurdin, justru akan membahayakan YOSS.

“Jujur saja, APIP (Aparat Pemeriksa Internal Pemerintah, red) saya tugaskan untuk mengaudit. Itu kan bisa menjadi masalah. Kami sudah kompak dengan penegak hukum semua, kejaksaan, KPK. Kalau itu diserahkan secara baik-baik, kita selesai,” bebernya, kemarin.

Mantan bupati Bantaeng dua periode itu mengaku tidak mempersoalkan jika pihak YOSS mengambil langkah hukum. Akan tetapi, lanjut Nurdin, ada baiknya jika polemik pengelolaan stadion diselesaikan secara kekeluargaan.

Soal kondisi stadion yang digembok, Nurdin tak ingin menanggapi terlalu jauh. “Yang pasti itu hak milik Pemprov Sulsel. Kita bongkar juga kita punya hak. Tapi kan tidak boleh seperti itu, makanya saya mengutus sekda supaya kita bicara bersama,” tambahnya.

Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) menggembok semua akses gerbang masuk Stadion Mattoanging (Stadion Andi Mattalatta). Meski begitu, YOSS tetap menjamin PSM Makassar tetap bisa menggunakan stadion.
Pembina YOSS, Ilhamsyah Mattalatta mengatakan, pihaknya sengaja menutup pintu masuk stadion. Tujuannya untuk pengamanan aset milik YOSS setelah pemprov ingin menutup kantor dalam waktu dekat ini.

Meski ditutup, pihaknya tetap memberi ruang bagi PSM Makassar untuk bermain di stadion. Baik latihan atau pertandingan. Akan tetapi, setelah bertanding, gerbang kembali akan ditutup oleh YOSS.

“Urusan kita bukan dengan PSM Makassar. Tetapi dengan pemprov. Jadi ini tak menghalangi mereka. Silakan jika PSM Makassar mau memakai stadion,” bebernya. (ful)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...