56 Barang Gratifikasi Pejabat Dilelang, dari Farfum hingga Logam Mulia

Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: FIN

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melelang 56 barang pemberian gratifikasi kepada penyelenggara negara. Lelang akan dilakukan melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandung pada Jumat (25/10).

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, barang-barang tersebut terdiri dari pakaian, kain, parfum, jam tangan, perhiasan, logam mulia, alat elektronik, pajangan, hingga kartu uang elektronik dan voucher pengisian BBM. Ia pun memastikan keseluruhannya telah melalui serangkaian pemeriksaan oleh Direktorat Gratifikasi.

“Barang-barang yang dilelang telah melewati proses pelaporan, analisa, hingga penetapan gratifikasi oleh KPK,” ujar Febri kepada wartawan, Kamis (24/10).

Febri menjelaskan, nilai limit barang yang dilelang beragam. Mulai dari yang paling tinggi yaitu Rp6.265.000 untuk logam mulia seberat 10 gram hingga yang paling rendah Rp66 ribu unutuk sebuah pisau kujang sepanjang 30cm.

Febri menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mengikuti lelang diwajibkan memenuhi syarat dan ketentuan. Pertama, mendaftar sebagai calon peserta lelang dan mengaktifkan akun pada www.lelang.go.id dengan mengunggah salinan KTP, NPWP dan nomor rekening atas nama sendiri.

Kedua, peserta lelang diwajibkan menyetor uang jaminan lelang ke nomor Virtual Account (VA) masing-masing. Setoran uang jaminan lelang harus diterima KPKNL selambat-lambatnya satu hari kerja sebelum pelaksanaan lelang atau 24 Oktober 2019.

KONTEN BERSPONSOR

Komentar