Kanker Payudara, Ini 4 Makanan dan Minuman Faktor Pemicu


FAJAR.CO.ID– Salah satu penyebab kanker payudara adalah kelainan genetik (keturunan). Namun begitu, jumlahnya sangat kecil, yakni sekitar 5-10 persen. Sisanya, disinyalir disebabkan oleh faktor eksternal, yaitu gaya hidup dan lingkungan, termasuk makanan. Asupan apa saja yang dapat jadi pemicu kanker payudara?

Kanker dengan penderita wanita terbanyak

Kanker payudara menjadi momok bagi wanita di seluruh dunia. Berdasarkan data statistik, kanker payudara adalah jenis kanker nomor satu yang paling banyak diderita oleh wanita di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun begitu, kanker payudara bukan hanya monopoli kaum hawa. Kanker ini juga dapat menyerang pria, seperti yang dialami oleh ayah penyanyi Beyonce Knowles.

Kanker payudara timbul ketika sel-sel di jaringan payudara berubah sifat dan tumbuh tidak terkontrol. Sel tersebut dapat membelah dengan cepat, membentuk benjolan, dan merusak jaringan di sekitarnya.

Bahkan, sel ganas ini dapat masuk ke dalam pembuluh darah dan saluran getah bening, lalu menyebar ke organ lain dan kelenjar getah bening.

Faktor eksternal berpengaruh besar

Seperti disebutkan di atas, faktor risiko yang berperan besar dalam kanker payudara adalah faktor eksternal, yakni lingkungan dan gaya hidup. Faktor tersebut antara lain karena adanya paparan radiasi pada dada, obesitas, dan menjalani terapi hormon.

Selain itu, makanan diketahui memiliki kontribusi 30-40 persen terhadap kejadian kanker. Itulah sebabnya, untuk mengurangi risiko mengidap kanker payudara, hindari dan batasi mengonsumsi jenis asupan berikut:

KONTEN BERSPONSOR

Komentar