Menteri Agama dari Kalangan Militer, Pengamat Politik Menilai Disayangkan

Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi saat hadir ke Istana Negara. Banyak publik tak menduga mantan wakil panglima TNI itu akan menduduki kursi Menag. (Raka Denny/JawaPos)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Presiden Joko Widodo seharusnya memilih Menteri Agama RI berasal dari kalangan tokoh sipil atau agama. Pemilihan Menteri Agama RI dari kalangan militer dianggap bukan solusi untuk menangai isu agama secara holistik.

“Disayangkan menunjuk Menteri Agama dari militer, tetapi kami bisa membaca jika presiden memandang persoalan agama hanya dari sisi hilir,” kata pengamat politik Dedi Kurnia kepada JPNN.com, Jumat (25/10).

Dedi melanjutkan, semisal konflik agama yang mengemuka atau perseteruan lintas masyarakat, maka solusinya melalui pendekatan militer. “Presiden memandang perlu menteri yang militeristis,” kata dia..

“Persoalan agama dan kebangsaan jauh lebih penting pada hulu, bagaimana membangun gagasan dan pondasi kebinekaan. Seharusnya memang tokoh bijak dan pemikir untuk duduk di kemenag,” jelas Dedi. (jpnn)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar