Gagal Jadi Komisioner KPK, Anak Penjual Ayam Ini Diamanahkan Wakil Menteri

Sabtu, 26 Oktober 2019 01:20

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Nama Surya Tjandra masih asing di publik. Namun Jokowi mengamanahkannya menjabat Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang. Ia merupakan politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Dikutip dari situs PSI, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang berasal dari keluarga ekonomi yang sulit. Kedua orang tuanya berjualan ayam potong di Pasar Jatinegara. Bahkan, mereka harus berpindah-pindah kontrakan rumah.

Di tengah keterbatasan kondisi ekonomi keluarganya itu, Surya Tjandra bertekad memajukan perekekomian keluargana. Ia menempuh pendidikan di Universitas Indoneseia dan melanjutkan pendidikannya di Inggris dan Belanda. Gelar doktornya pun diperoleh dari Universitas Leiden, Belanda.

Ia pun aktif di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta denganmemberikan pendampingan hukum, terutama bagi orang-orang yang berada di garis kemiskinan dan masih buta hukum.

Surya pernah mencalonkan diri menjadi komisioner KPK untuk periode 2015-2019. Namun sayang saat tahapan fit and proper test di DPR RI, Surya Tjandra gagal. (bs/eds)

Bagikan berita ini:
8
10
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar