Sekolah Petani Desa, Belajar Bersama di Sawah dan Kebun

Minggu, 27 Oktober 2019 11:33

PKM Unhas.

FAJAR.CO.ID — Dosen Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Marhamah Nadir SP MSi PhD, sebagai ketua tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Sekolah Petani Desa, mengakhiri kegiatan belajar informal bersama petani dan peternak di desa Belabori Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Kegiatan itu bermitra dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sejahtera untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan petani di Desa Belabori. Khusunya memanfaatkan SDA bidang pertanian dan peternakan melalui peningkatan kualitas SDM.

PKM dimulai dengan survei pada 23 Februari 2019. Dilanjutkan dengan sosialisasi ke petani dan peternak pada 7 Maret 2019. Pada kegiatan tersebut, pelaksana bersama pengurus Bumdes dan perwakilan petani menyusun materi belajar yang dibutuhkan oleh peserta.

Ada pun, materi yang diajarkan di sekolah petani Desa Belabori, pertama pembuatan kompos dengan memanfaatkan limbah pertanian dan peternakan. Kedua, pembuatan pakan ternak dari limbah pertanian. Ketiga, teknik dan budidaya tanaman pakan indigofera dan rumput odot. Keempat, penyuluhan dan pemeriksaan ternak dengan sistem bio-security standar. Terakhir, pertanian organik dan ramah lingkungan.

Melalui PKM Sekolah Petani Desa, dosen dan mahasiswa mendampingi anggota Bumdes Sejahtera dan petani dengan skill dan keterampilan pertanian dan peternakan, melalui pelatihan dan bimbingan teknis secara berkelanjutan. Materinya tersusun dan berkelanjutan yang disertai dengan pendampingan dan demonstrasi plot atau bimbingan teknis secara langsung.

Komentar