Tayang di Bioskop, Begini Sosok Pembuat Lagu Ati Raja

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Di balik film Ati Raja, ada lagu yang diciptakan dengan sarat makna. Mengangkat judul lagu yang sama, penciptanya adalah Ho Eng Dji.

Ho Eng Dji sendiri adalah seniman keturunan Makasaar Tionghoa. Dalam karyanya di lagu Ati Raja, liriknya dibuat dengan bahasa Makassar. Artinya sarat makna. Di antaranya adalah mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa.

Sutradara Ati Raja, Shaifuddin Bahrum, yang kerap disapa Daeng Uddin mengaku bahwa ia menampilkan vitalitas anak muda yang selalu kreatif dan produktif untuk berkarya. Sosok Ho Eng Dji (HED) siap menginspirasi anak Muda Zaman Now.

Sementara itu, dijelaskan perihal lokasi shooting film tersebut di daerah Makassar, Barru, Parepare, dan Gowa yang masih asri kala itu. Dalam masa sulit perjuangan kemerdekaan dia (HED, red) masih berkarya meskipun dalam barisan pengungsian.

Di era tahun 30-40an tidak banyak musisi daerah yang berhasil merekam lagu-lagunya. Tapi HED punya piringan hitamnya mencapai 2000 keping hingga tahun 1939 dan beredar secara nasional bahkan sampai ke Malaysia dan Singapura.

"Ho Eng Dji adalah sosok seniman dan budayawan utama pada eranya. Bahkan setelah kemerdekaan dan hingga kini karya-karyanya tetap abadi," ucapnya.

Menurut Shaifuddin, tidak ada istilah orang pribumi dan nonpribumi tapi masyarakat multi etnik lebur dalam satu yakni masyarakat Makassar.

Penulis skenario Ati Raja, Ancu Amar, menyampaikan, biopic Ho Eng Dji, merupakan peranakan Tionghoa Makassar yang lewat syair-syair lagunya "bicara" tentang pemaknaan hidup yang "lebih hidup". Lewat syair lagu dan musik, ia bicara banyak hal; kearifan lokal, toleransi, dan cinta.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan