Waspada! Omzetnya Rp1,6 Miliar dari Jualan Kosmetik Berbahaya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID — Ribuan kosmetik ilegal tanpa izin edar dan mengandung bahan kimia berbahaya berhasil disita Ditreskrimsus Polda Jawa Timur.

Dari penjualan kosmetik yang diedarkan di seluruh wilayah Jawa Timur ini, pemilik berhasil meraup omzet senilai Rp1,6 miliar per bulan.

Ribuan kosmetik ilegal bermerk KLT ini berhasil disita polisi dari PT Glad Skincare yang berlokasi di Babatan, Menganti, Surabaya.

Dari hasil penjualan krim ilegal tersebut, pemilik yang berinisial MM sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Ribuan kosmetik ini terdiri dari berbagai jenis. Beberapa di antaranya krim pagi dan malam, toner, handbody, dan sabun.

“Tersangka memperjualbelikan kosmetik tersebut sejak 2017 di seluruh wilayah di Jawa Timur tanpa dilengkapi izin edar. Baik secara langsung maupun melalui online,” tutur Kompol Suryono – Kasubdit Indagsi Ditreskrimsus Polda Jawa Timur.

“Perusahaannya pun diketahui tidak terdaftar secara resmi. Setelah diperiksa melalui tes laboratorium, petugas juga menemukan kandungan bahan kimia berbahaya dalam kosmetik yang dijualnya, yakni merkuri dan hidroquinone,” tambah Kompol Suryono.

Sementara itu, Siti Amanah, Kabid Penindakan BPOM Surabaya mengatakan dalam dunia kesehatan, merkuri dan hidroquinone termasuk dalam bahan kimia berbahaya yang bersifat karsinogenik.

Bahan kimia tersebut, dilarang untuk ditambahkan ke dalam kosmetik meski membuat kulit menjadi putih. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...