Pengamat: Tak Perlu Khawatir Tabungan dan Investasi Hilang di Bank

Senin, 28 Oktober 2019 13:53

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Pengamat menyebutkan masyarakat tak perlu mengkhawatirkan keberadaan dananya di bank yang sedang dalam kondisi fraud, atau tindakan curang yang dilakukan oleh sindikat yang menggunakan orang dalam.

Pengamat perbankan Refrizal yang juga pernah menjadi anggota Komisi XI DPR RI, fraksi pengawas perbankan mengatakan selama investasinya jelas, dengan status bank yang juga clear, dana masyarakat yang disimpan akan aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Apalagi, kasus fraud perbankan atau investasi bodong itu hanya masalah kasuistik, bukan terkait sistem perbankan secara umum.

“Secara umum perbankan kita sudah baik dan aman,” ujar pengamat perbankan ini.

Menurut dia, pengawasan terhadap bank di Indonesia, jauh lebih ketat dan dapat dengan mudah mendeteksi ketika terjadi transaksi yang mencurigakan. Hal ini dipengaruhi keberadaan Otoritas Jasa Keuangan, yang selalu dapat notifikasi bila ada transaksi yang tidak wajar. “Kalau ada oknum internal ini kan yang sulit,” selorohnya.

Meski beberapa kali ada masalah dalam perbankan, Refrizal menyatakan tak seharusnya masyarakat menjadi khawatir dan takut untuk tetep menabung atau berinvestasi.

Bagikan berita ini:
9
3
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar