Punya Dua Kelamin, Gadis ini Ajukan Diri Ganti di Pengadilan

0 Komentar

Ilustrasi/FAJAR

FAJAR.CO.ID, SEMARANG — Seorang gadis asal Blora, Jawa Tengah, yang sejak kecil memiliki kelamin ganda atau hermafrodit, mengajukan permohonan diri untuk mengganti identitasnya menjadi laki-laki di Pengadilan Negeri Surabaya.

Juru bicara Pengadilan Negeri Surabaya Sigit Sutrisno kepada wartawan, Senin ( 28/10/2019), mengatakan gadis berusia 19 tahun itu berinisial PN, dan telah mendaftarkan permohonannya sekitar 15 hari yang lalu.

Ia mengatakan, kasus permohonan ganti identitas kelamin di Pengadilan Negeri Surabaya sudah sering dilakukan. Namun, kali ini berbeda karena yang mengajukan adalah berkelamin ganda sejak kecil.

“Saat ini gadis PN tinggal di Surabaya. Sehari-harinya bekerja sebagai satpam di sebuah sekolah dasar,” ungkapnya.

PN, menurut Sigit, mengaku sejak kecil memiliki kelamin ganda yang diperkuat dengan keterangan medis, dan seiring perkembangan waktu, PN merasa lebih nyaman menjadi laki-laki.

“Penampilan fisiknya terlihat seperti laki-laki. Bentuk dadanya rata seperti laki-laki pada umumnya. Namun, PN hingga kini KTP-nya masih beridentitas perempuan,” ucapnya.

Menurut catatan medis, kromosom laki-lakinya lebih dominan dan hormon perempuannya telah dimatikan.

“Pemohon meminta agar Pengadilan Negeri Surabaya mengesahkan pergantian kelamin dari perempuan ke laki-laki dan merubah pencatatan identitas kependudukannya di Kantor Dispendukcapil Surabaya,” tuturnya.

Sigit sendiri bertindak sebagai hakim pemeriksa dalam perkara ini. “Sebenarnya sidang perdana telah dijadwalkan pada hari Rabu, 23 Oktober lalu. Namun, ditunda karena pemohon belum siap,” ujarnya.

Persidangannya diagendakan kembali pada hari Rabu lusa, 30 Oktober di PN Surabaya, Jatim. (*jpg)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...