Revitalisasi Benteng Somba Opu, Terkena Pemangkasan Rp15 Miliar

0 Komentar

Kawasan Benteng Somba Opu, Makassar. (FOTO: IDHAM AMA/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Pemangkasan rencana anggaran pada APBD 2020 Pemprov Sulsel tak hanya belanja pegawai. Anggaran untuk proyek fisik mengalami nasib serupa.

Tahun depan, sedianya revitalisasi Benteng Somba Opu mendapat anggaran cukup besar. Yakni Rp45 miliar. Akan tetapi, jumlah tersebut akan dikurangi seiring kemampuan keuangan daerah.

Sekretaris Bappeda Sulsel, Saleh menjelaskan anggaran untuk revitalisasi kawasan miniatur Sulsel harus ditekan. Rencananya akan mengusulkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk program yang masuk dalam prioritas gubernur itu.

Jika harus bertahan dengan dana Rp45 miliar, menurutnya cukup sulit dilakukan. Pertimbangan keuangan daerah harus menjadi perhitungan penting, untuk membagi jatah anggaran ke semua proyek di Sulsel.

“Kan bisa bertahap, Rp15 miliar dulu tahun depan. Berikutnya kita lanjutkan lagi untuk sisa kebutuhannya. Jadi semua bertahap dikerjakan,” bebernya kepada FAJAR, kemarin.

Berbeda dengan Stadion Mattoanging yang memang menjadi target gubernur untuk diselesaikan tahun depan. Pihaknya berencana mengusulkan Rp200 miliar ke DPRD Sulsel untuk dibahas bersama.

Kawasan Wisata Benteng Sumba Opu akan segera direvitalisasi. (FotoL Idham/FAJAR)

“Semua masih kita evaluasi. Mana saja yang bisa kita kerjakan bertahap. Kalau untuk Somba Opu cukup Rp15 miliar dulu untuk 2020 nantinya,” tambahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Denny Irawan mengatakan, itu masih sebatas usulan awal. Tentu, kata dia, semua masih dipertimbangkan lantaran disesuaikan keuangan daerah. Baginya hal tersebut tak menjadi masalah.

Dia menjelaskan, gubernur Sulsel ingin mengembalikan kawasan Somba Opu. Dulunya akses benteng justru menjadi wisata yang melintasi laut dan sungai. “Kemudian ada ruang publik yang nyaman untuk masyarakat,” tambahnya. (ful/rif)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...