Begini Ekspresi JK Disinggung Soal Kemungkinan Jadi Wantimpres

Brigjen Pol Awal Chaeruddin (kanan) inisiatif mengambil alih posisi ajudan JK dalam perjalanan pulang dari kantor menuju kediaman Pribadi JK di Jl. Brawijaya No 6 Kebayoran Baru. Foto ini merupakan dokumentasi saat JK ikut sidang PBB di New York USA.

FAJAR.CO.ID,JAKARTA-- Wakil Presiden periode 2014-2019 Jusuf Kalla (JK) angkat bicara terkait kemungkinan dirinya bakal menjadi Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres. JK mengaku belum tahu kabar akan ditunjuk menjadi Wantimpres.

"Enggak tahu saya, belum tahu (kabar menjadi Wantimpres, red),” kata JK ditemui usai menghadiri diskusi bertajuk "Satu Nusantara" di Jakarta Pusat, Selasa (29/10).

Lebih lanjut, JK menjawab singkat ketika disinggung kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengajak bicara agar dirinya menjadi Wantimpres. Sembari tersenyum, pria asal Sulawesi Selatan itu mengaku Jokowi belum menawarkan posisi Wantimpres.

Saat disinggung kesediaan menjadi Wantimpres, JK tidak menjawab. Dia hanya menjawab bahwa tidak belum ada pembicaraan terkait Wantimpres.

"Ya belum, dibicarakan," pungkas dia sembari tersenyum.

Terpisah, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan gambaran kriteria orang-orang yang akan ditunjuk menduduki posisi Wantimpres. Di antaranya harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas.

Komposisi wantimpres nantinya akan lebih banyak diisi kalangan profesional, ketimbang yang berlatar belakang parpol. Selain itu, kata Moeldoko, figur yang akan masuk wantimpres juga tak hanya berpengalaman di bidangnya, tetapi juga dikenal bijaksana.

“Komposisinya, wantimpres mungkin akan kurang dari parpolnya, tetapi lebih kepada pengalaman dan profesional,” ujar eks Panglima TNI itu, usai menghadiri upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Kantor Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Senin (28/10).

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...