Dilatih Dosen Unismuh, 30 Guru Kembangkan Pembelajaran Abad 21

Selasa, 29 Oktober 2019 22:41

Acara sosialisasi dan promosi KPR FLPP yang diinisiasi oleh BPD Sulselbar Syariah dan PT Zarindah di Ruang Serba Guna, R...

FAJAR.CO.ID — Para guru SMP Negeri 49 Makassar dan SMP Negeri 53 Makassar kini tengah mengembangkan perangkat pembelajaran abad 21. Perangkat dimaksud yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Instrument Penilaian.

Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan mengadopsi mekanisme pelaksanaan action research yang terdiri dari empat, dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi-evaluasi, hingga refleksi.

Pengembangan perangkat pembelajaran abad 21 tersebut dilakukan para guru SMP 49 dan guru SMP 53 setelah masing-masing 30 guru dari kedua sekolah itu mengikuti pelatihan dan pendampingan pengembangan perangkat pembelajaran abad 215 untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru.

Instruktur dan pendamping dalam pelatihan tersebut terdiri atas dosen berbagai disiplin ilmu dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar, Dr Munirah MPd, mengatakan, pelatihan dan pendampingan tersebut merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang ia laksanakan bersama beberapa dosen Unismuh Makassar

“Pada pelatihan dan pendampingan kali ini, ada empat mata pelajaran yang difokuskan, yaitu Bahasa Indonesia, matematika, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan Pendidikan Agama Islam,” kata Munirah, kepada wartawan di Makassar, Selasa, 29 Oktober 2019.

Munirah yang menjadi instruktur sekaligus pendamping pada kegiatan tersebut mengatakan, secara keseluruhan, kegiatan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, PKn, dan Pendidikan Agama pada kedua sekolah tersebut mendapatkan nilai yang baik.

Bagikan berita ini:
2
5
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar