DPRD Sulsel Ingin Perbanyak Tenaga Ahli, untuk Posisi Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Tata tertib (tatib) DPRD lama mengatur setiap fraksi hanya punya satu tenaga ahli. Pansus tatib mengusulkan ada tambahan.

Ketua Pansus Tatib, Arum Spink mengatakan setelah pembahasan tatib, pihaknya akan konsultasi ke Kemendagri. Ada beberapa poin yang akan dikonsultasikan. Salah satu yang paling prioritas terkait ketersediaan tenaga ahli.

"Tenaga ahli di fraksi di aturan lama itu dikunci hanya satu orang. Ini berdasarkan PP 12 tahun 2018. Tetapi kebutuhannya sebenarnya mendesak untuk ditambah," ungkapnya.

Menurutnya, tenaga ahli yang ada tidak mampu untuk membantu menangani semua fungsi legislator. Seperti fungsi legislasi dan budgeting yang butuh tenaga profesional. Ada tenaga ahli yang hanya menguasai produk hukum tetapi lemah soal keuangan.

"Padahal fraksi juga itu sangat urgen karena pandangan-pandangan fraksi itu dibutuhkan setiap ada pembahasan Perda dan lainnya. Jadi butuh kajian tenaga profesional. Kita minta ada tambahan jadi dua atau tiga misalnya ke Kemendagri. Semoga disetujui," bebernya. (fik/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan