Mahasiswa dan Dosen FEB Unhas Gelar Bina Desa di Barru

FAJAR.CO.ID, BARRU---Mahasiswa dan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanudddin Makassar melakasanakan Program di Kabupaten Barru pada tanggal 19 Oktober 2019 yang lalu. Rombongan  mahasiswa yang dipimpin oleh Ketua Tim Bina Desa Dr. Sabir, SE, M.Si bersama Dosen Pembimbing Mahasiswa Fitriwati Djam’an, SE, M.Si serta sejumlah dosen dan pegawai  bidang kemahasiswaan Fakultas Ekonomi Unhas dengan total peserta 30 Orang.

Kedatangan disambut oleh Kepala Desa Ajakkang Kecamatan Soppeng Riaja dan Penyuluh dari Kementerian Perikanan dan Kelautan, Nurtan, S,Pi yang ditugaskan di Kecamatan Soppeng Riaja. Kepala Desa Ajakkang mengucapkan terima kasih  dengan memilih Desa Ajakkang sebagai lokasi Program Bina Desa dan berharap program in dapat berkelanjutan.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNHAS, menyelenggarakan kegiatan Bina Desa dalam bentuk penyuluhan dan seminar dengan tema “Diversifikasi Produk Olahan Ikan Bandeng Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat”. Seminar ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 19 Agustus 2019 di Dusun Minanggatoa Desa Ajjakkang Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. 

Kegiatan bina desa ini mempunyai empat program utama yakni; (1) meningkatkan kualitas budidaya ikan bandeng yang sehat; (2) Pengolahan ikan bandeng menjadi berbagai derivatif produk yang beraneka ragam: (3) Pengepakan (Packaging) dimana masyarakat dituntut untuk mengembangkan ide, inovasi dan kreatifitas mereka untuk mendesain model packaging yang mempunyai desain menarik, simple, fungsional dan berkualitas; serta (4) tahap pemasaran (Marketing). Peserta kegiatan Bina Desa ini adalah masyarakat petambak yang terdiri dari anggota kelompok pembudidaya “POKDAKAN PADAELO” dan kelompok Pengolahan ikan bandeng “POKLASHARKAN BERKAH”. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : rasid alfarizi


Comment

Loading...