Preview Barcelona vs Valladolid: Lawan Bandel

Selasa, 29 Oktober 2019 15:58

Latihan Barcelona/MARCA

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Barcelona punya rekor pertemuan bagus dengan Real Valladolid. Namun, Valladolid yang akan bertamu ke Camp Nou, dinihari nanti bisa bikin masalah jika diremehkan.

Performa Valladolid musim ini memang terbilang bagus. Bukan saja tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir, klub yang berdiri sejak 1928 itu juga menjadi lawan bandel bagi tim raksasa La Liga.

Ketika berkunjung ke Santiago Bernabeu 25 Agustus lalu, mereka mampu mencuri satu poin setelah bermain imbang 1-1 sepanjang 90 menit dengan Real Madrid. Setelah itu, 6 Oktober lalu, giliran Atletico Madrid yang mereka bikin frustasi dengan hasil seri tanpa gol.

Dari sepuluh pertandingan mereka musim ini, Valladolid hanya menelan dua kekalahan. Penakluk mereka adalah Levante dan Villarreal). Tak heran, klub Kota Valladolid itu mampu berada di peringkat sembilan klasemen sementara La Liga.

Barca juga pasti mengetahui bagaimana kekuatan Valladolid. Pada musim 2013/2014, Valladolid salah satu penyebab kegagalan Raksasa Catalan meraih gelar La Liga. Saat itu, Valladolid adalah satu dari lima tim penakluk Barca yang akhirnya finis sebagai runner up dengan selisih tiga angka dari Atletico.

Musim lalu, Valladolid yang kembali promosi setelah degradasi empat musim sebelumnya juga sangat merepotkan Lionel Messi dkk. Meski memenangkan kedua pertandingan, skornya hanya 1-0. Ousmane Dembele mencetak gol di Jose Zorilla. Sementara Messi di Camp Nou.

Berbekal kemenangan 2-0 atas Eibar, akhir pekan lalu, Valladolid pun cukup percaya diri berkunjung ke Camp Nou di jornada ke-11 La Liga ini. Penyerang Valladolid, Sergi Guardiola, percaya bahwa hasil itu merupakan stimulus untuk menghadapi Barca.

“Kemenangan ini memberi kita keuntungan penting untuk pergi ke sana dengan lebih tenang. Kami akan mencoba menunjukkan diri sebagai blok yang baik, untuk memberikan yang terbaik dan mencoba untuk menang,” kata Guardiola dikutip dari AS.

Pelatih Valladolid, Sergio Gonzalez seyakin anak asuhnya. Menurutnya, penampilan bagus mereka kontra Eibar memberi perasaan positif pada skuatnya. “Efektivitasnya memang rendah untuk peluang mencetak gol, tetapi dalam pertahanan kami telah menjadi tembok di mana setiap pemain menjadi bata,” kata Gonzalez.

Walau begitu, Gonzalez sedikit protes dan kurang nyaman dengan penundaan El Clasico yang membuat Barca punya waktu istirahat panjang jelang laga ini. Ia menuding Barca dan Madrid terlalu diistimewakan. “Fakta bahwa El Clasico tidak ada itu merugikan kita,” tegasnya di CCMA.

Barca sementara itu berharap bisa menunjukkan performa terbaik lagi setelah tampil kurang mengesankan di laga terakhir kontra Slavia Praha. “Kami tidak bermain di level yang kami inginkan. Ada hal-hal yang harus kita tingkatkan tetapi kita akan membicarakannya di tempat latihan,” kata kiper Barcelona, Marc-André ter Stegen di situs UEFA.

Di pertandingan ini, Pelatih Barca, Ernesto Valverde kemungkinan besar akan kembali kehilangan Samuel Umtiti karena cedera lututnya dilaporkan kambuh. Namun, Sergi Roberto memberi kabar bagus dengan kembali berlatih dan siap tampil.

Dengan Gerard Pique sudah bisa kembali bermain setelah melewatkan sanksi akumulasi kartu, Valverde tampaknya bisa lebih rileks. Apalagi, trisula mereka; Messi, Luis Suarez, dan Antoine Griezmann kini sudah semakin padu dan mulai rutin menyumbang gol. (amr)

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Busquest, Arthur, Frenkie; Griezmann, Suarez, Messi

Real Valladolid (4-4-2): Masip; Moyano, Olivas, Salisu, Nacho; Plano, Fernandez, Herrero, Villa; Enes Unal, Guardiola

Head to head

Bagikan berita ini:
5
4
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar