Rusdi Masse Ungkap Kriteria Usungan Nasdem di Pilwalkot Makassar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Teka teki siapa yang akan diusung oleh Partai Nasdem di Pilwalkot Makassar 2020 mendatang belum dapat diketahui.

Makin menjelang pemilihan, konstelasi politik di Makassar masih dinamis dan berubah-ubah. 

Partai Nasdem sebagai pemenang di Pileg 2019 lalu tentu menjadi modal awal siapapun yang diusungnya.  Meski masih harus berkoalisi dengan partai untuk mencukupkan syarat pendaftaran nantinya.

Saat penjaringan Nasdem Kota Makassar belum lama ini, tercatat 17 kandidat yang berebut tiket partai besutan Surya Paloh tersebut.

Adapun 17 kandidat yang mendaftar lewat Nasdem, antara lain yakni Irman Yasin Limpo, Sukriansyah S Latief, H Andi Bashar, Abdul Rachmat Noer, Irianto Andi Baso Ence, Fadli Ananda, Taufiqqulhidayat Ande dan Munafri Arifuddin. 

Selanjutnya, ada pula nama Haris Yasin Limpo, Muhammad Ismak, Syarifuddin Daeng Punna, Ramadhan Pomanto, Mochtar Djuma, Andi Rachmatika Dewi, Hasan Basri Ambaralla dan Syamsul Rizal MI.

Jika diperhatikan, 17 pendaftar tersebut, ada tiga dari internal Partai Nasdem yakni, Taufiqqulhidayat Ande (dr Onasis), Moh Ramadhan Pomanto (Danny), dan Andi Rachmatika Dewi (Cicu). 

Awal Agustus 2019 lalu, Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse sudah menegaskan komitmen partainya, untuk mengusung kader sendiri pada Pilkada 2020 mendatang.  

“Yang penting kader yang diusung itu mau. Mau dalam arti siap bekerja keras agar bisa menang,” kata RMS yang kini sebagai anggota Komisi III DPR RI itu.

Sejumlah pendapat menilai konstelasi politik di Makassar berubah menyusul Ketua DPP Partai Nasdem, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjadi Menteri Pertanian RI. Apalagi, dua keluarga SYL berebut Nasdem yakni Haris Yasin Limpo dan Irman Yasin Limpo (None). 

Namun, lagi-lagi soal siapa yang akan diusung oleh Partai Nasdem di Makassar ditentukan sepenuhnya oleh Rusdi Masse (RMS). 

Buktinya, saat Pilkada serentak 2017 lalu, di rapat DPP Partai Nasdem yang dihadiri Ketua DPW Nasdem se-Indonesia, Surya Paloh memberikan pengecualian dengan memberikan amanah penuh kepada Rusdi Masse untuk menentukan usungannya di Sulsel.

Khusus Pilwalkot Makassar 2020, RMS mengaku tidak muluk-muluk. “Nasdem akan usung calon yang ada keringatnya di Nasdem,” singkat RMS, malam tadi. (taq)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...