Sakit Kuning Seperti Diderita Bayi Artis Kartika Putri, Ini Penyebabnya

Selasa, 29 Oktober 2019 14:22

FAJAR.CO.ID– Belum genap sebulan sejak buah hati dilahirkan, bayi Kartika Putri harus dirawat di RS karena sakit kuning. Lalu apa penyebab kondisi tersebut?

Dikatakan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, sakit kuning (jaundice) pada bayi yang baru lahir terjadi akibat penumpukan bilirubin di dalam tubuhnya.

Bilirubin adalah pigen air empedu berwarna kuning kemerahan (sering ditemukan di dalam empedu, darah, dan tinja) yang merupakan hasil dari pemecahan sel darah merah oleh hati. Pada bayi, jumlah bilirubin yang normal adalah di bawah 5,2 mg/dL dalam 24 jam pertama kelahiran.

Sakit kuning pada bayi merupakan keadaan yang umumnya terjadi secara normal (fisiologis). Ciri yang menandakan bahwa jaundince terjadi secara normal dan dapat hilang sendiri adalah timbul pada hari ke-2 atau ke-3 setelah bayi lahir dan kadar bilirubin tidak melewati12 mg/dL atau 10 mg/dL (prematur).

Berdasarkan pemberitaan yang beredar, kadar bilirubin bayi Kartika mencapai 17 mg/dL. Ini artinya, sakit kuning pada putri Kartika tergolong sebagai kondisi tidak normal (patologis) yang perlu penanganan dokter.

Bagikan berita ini:
8
10
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar