Susah Dapat Partai, Bakal Cawalkot Seriusi Jalur Independen

0 Komentar

Jalur Independen.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jalur independen disiapkan. Kandidat pesimis mendapat partai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 12 kabupaten/kota yang berpilkada 2020 sudah mengumumkan syarat dukungan. Kandidat pun serius menempuh jalur independen.

Di Kota Makassar, sudah empat kandidat bertanya-tanya. Tiga kandidat mengutus tim dan satu lewat aplikasi pesan. Intinya melirik jalur independen. Adapun kandidat itu yakni, Muh Ismak, Sukriansyah S Latief, Syarifuddin Daeng Punna, dan Andi Munawar.

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar, menuturkan, sudah ada beberapa kandidat yang sudah konsultasi untuk jalur indepen. Tiga figur yang sudah datang ke KPU.

“Kami memang ada help desk. Sudah ada Muhammad Ismak. Kemudian ada Andi Munawar lengkap bersama tim dan keluarga. Kemudian menyusul Tim Syarifuddin Daeng Punna (Sadap),” ujarnya.

 Ada juga yang sudah mulai bertanya-tanya. Namun, baru lewat pesan WhatsApp. Termasuk tim Sukriansyah S Latief. “Tetapi baru chat. Belum datang ke kantor,” ujarnya.

Syarifuddin Deng Punna atau lebih dikenal dengan Sadap mengaku mantap maju melalui jalur independen. Malam tadi Sadap mengumpulkan seluruh timnya konsolidasi. Itu dilakukan sebelum turun ke masyarakat mengumpulkan KTP. “Awal bulan depan kita sudah mulai bergerak. Insyaallah 99 persen saya maju independen,” ujarnya.

Dia optimis bisa mengumpulkan dua kali lipat dari syarat independen 72.570 KTP. Alasannya memilih independen kata Sadap, karena sejumlah lembaga survei menunjukkan elektabilitasnya dibawah satu persen. Sementara partai politik menentukan usungan melihat tren survei.

“Partai mau mengusung kalau elektabilitas diatas sepuluh persen. Jadi saya berpikir jangan sampai berharap parpol, mending saya ke independen,” ungkapnya.

Muhammad Ismak mengakui, memantapkan diri untuk memilih jalur independen sebagai alternatif nomor satu. Di samping itu, tetap diincar partai.

“Sudah sebulan ini kita kumpul KTP. Kita surprise juga karena banyak yang datang menawarkan diri baik menyerahkan dukungan maupun ikut menggalang dukungan,” aku Ismak. (bay-fik/ham)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...