Abu Bakar Al-Baghdadi Tewas, Al Qaeda dan Front Nusra Bahagia

FAJAR.CO.ID, SURIAH-- Kabar tentang tewasnya pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi ternyata disambut gembira kelompok-kelompok ekstremis lain di kawasan Timur Tengah.

"Mereka justru kecewa karena tidak membunuh sendiri Baghdadi," kata peneliti dari Universitas Swansea, Aymenn al-Tamimi kepada Reuters, Selasa (29/10).

Bagi kelompok-kelompok seperti Hayat Tahrir al-Sham (Front Nusra) dan al-Qaeda, jihad ala Baghdadi terlalu ekstrem. Menurut mereka, kekejaman ISIS justru merusak citra kelompok jihadis dan menghambat perjuangan.

SITE Intel Group melaporkan bahwa sejumlah tokoh yang berafiliasi dengan al Qaeda sudah angkat bicara soal tewasnya Baghdadi. Kebanyakan dari mereka percaya bos ISIS itu telah tewas dan menyambut positif kabar tersebut.

"Sudah berapa banyak darah yang tumpah atas nama kekhalifahan imajiner dia (Baghdadi)?" tulis Sirajuddin Zurayqat, mantan petinggi Brigade Abdullah Azzam, salah satu kelompok sempalan al Qaeda, seperti dikutip SITE Intel Group.

Sementara itu, ulama garis keras asal Arab Saudi, Abdullah al-Muhaysini merilis video sepanjang 18 menit berisi pandangannya mengenai kematian Baghdadi, Senin (28/10). Dia bersyukur Baghdadi sudah tewas dan mengimbau anggota ISIS yang masih tersisa untuk meninggalkan organisasi tersebut. (reuters/jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah Umar


Comment

Loading...