Gempa 6,6 SR Guncang Filipina, 6 Tewas

Rabu, 30 Oktober 2019 13:26

FAJAR.CO.ID, MANILA – Gempa berkekuatan 6,6 melanda kawasan Filipina selatan, Selasa, (29/10). Setidaknya enam orang dilaporkan meninggal akibat tertimpa reruntuhan dan puluhan lainnya luka-luka.

Gempa bermagnitudo 6,6 itu juga merusak sejumlah rumah, gedung bertingkat dan sekolah di kawasan itu. Terlebih lagi, gempa ini menjadi yang kedua terjadi di wilayah Filipina selatan dalam sebulan terakhir, dengan gempa pertama menewaskan hingga lima orang.

Dilansir AFP, Selasa (29/10), Badan Survei Geologi AS (USGS) menyebut, gempa kali ini termasuk gempa dangkal, yang diikuti sejumlah gempa susulan dengan kekuatan hingga 5,8.

Seorang bocah remaja dilaporkan tewas, setelah tertimpa tembok yang runtuh saat hendak menyelamatkan diri keluar dari sekolahnya di Magsaysay, provinsi Davao.

Sejumlah siswa lainnya dapat keluar dengan selamat meski beberapa mengalami luka akibat berdesak-desakan dan terinjak saat menyelamatkan diri.

Sementara korban tewas kedua dilaporkan di kota Koronadal, dengan seorang pria berusia 66 tahun tertimpa tembok yang runtuh.

Korban tewas lainnya adalah, ayah dan anak yang tewas tertimpa reruntuhan tebing akibat gempa di Provinsi Cotabato Utara. Sedangkan dua korban tewas lainnya akibat tertimbun longsor di Magsaysay.

Seorang perempuan yang tengah hamil meninggal akibat tertimpa pohon yang roboh akibat gempa. Sedangkan seorang lelaki tewas karena luka parah di kepala akibat tertimpa reruntuhan di Kota Koronadal, Cotabato Selatan.

Bagikan berita ini:
8
7
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar