Kontribusi PT Vale, Pengelolaan Fasilitas Air Bersih di Towuti

Rabu, 30 Oktober 2019 20:17
Kontribusi PT Vale, Pengelolaan Fasilitas Air Bersih di Towuti

Fasilitas air bersih.

Namun, air belum terdistribusi dengan optimal akibat banyaknya pipa distribusi yang bocor/rusak termasuk kerusakan pada tangki utama di Desa Asuli. Saat ini PT Vale tengah mengupayakan perbaikan tangki tersebut namun masih terkendala komponen khusus yang didatangkan dari produsennya di Amerika Serikat. Untuk sementara, distribusi air bersih ke masyarakat dibantu dengan beroperasinya truk-truk air yang didanai oleh PT Vale dan Pemkab Lutim.

Seiring dengan hal tersebut, PT Vale juga meningkatkan volume air di Bendungan Apundi. Pekerjaan tersebut diproyeksikan berjalan selama 1-2 bulan, terhitung sejak pekan terakhir September 2019. Ketika volume bendungan tersebut meningkat, diharapkan kebutuhan air di 2-3 desa dapat terpenuhi.

Pekerjaan lain yang akan dilakukan dalam tahun ini adalah penambahan sumber air baru untuk masyarakat Desa Baruga dan Wawondula. Pemkab Lutim membangun bendungan, sementara PT Vale melalukan pemipaan hingga tersambung ke pipa yang telah tersedia. Tim gabungan PT Vale dan Pemkab Lutim telah melakukan kunjungan untuk mengukur debit air, menentukan lokasi pembangunan bendungan baru, mengukur jarak, dan pekerjaan assessment lain. Diharapkan proses pengerjaan tersebut dalam berjalan secara simultan oleh Pemda dan PT Vale.

Bagikan berita ini:
8
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar