Preview Liverpool vs Arsenal: Beban Berat Emery

Rabu, 30 Oktober 2019 13:52

Unai Emery/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Arsenal perlu kemenangan di babak 16 besar Carabao Cup saat melawat ke Anfield Stadium. The Gunners butuh hasil positif ini untuk keluar dari momen ruwet mereka saat ini.   

SKUAT asuhan Unai Emery berada di masa-masa sulit setelah hasil mengecewakan beruntun di kompetisi domestik. Setelah kalah 0-1 dari klub promosi, Sheffield United, akhir pekan lalu mereka imbang di kandang saat menjamu Crystal Palace dalam derbi London di pekan ke-10 Premier League.

Hasil minor itu kemudian diperparah dengan ulah sang kapten, Granit Xhaka yang berkomprontasi dengan fans mereka. Ketika digantikan pada menit ke-61, Xhaka yang tampak frustasi bereaksi terhadap cemoohan fans tuan rumah yang kecewa pada kinerjanya.

Selain mendatangi fans dan menangkupkan telinganya saat berjalan ke bench, sang kapten yang mestinya menjadi jembatan komunikasi tim dengan fans juga menolak berjabat tangan dengan Emery. Terakhir, ia melepas bajunya lalu berjalan ke terowongan.

Reaksi Xhaka seperti tabuhan genderang perang di tengah kritik yang menerpa Arsenal akibat penampilan yang tak kunjung membaik. Karena itu, jelang duel kontra Liverpool di Piala Liga Inggris, dinihari nanti, Emery secara khusus meminta anak asuhnya pintar-pintar melawan tekanan.

“Sekarang kita perlu tetap tenang. Kami bekerja, saya dan klub, pemain, kita harus pintar mengelola pikiran kita di bawah tekanan. Kita bisa bermain dengan hati kita dan bisa menjadi panas di saat-saat sulit, tetapi pikiran kita harus pintar,” tegas Emery di situs klub.

Hector Bellerin yang kemungkinan besar akan ditunjuk menggantikan Xhaka sebagai kapten tim, berusaha mengademkan situasi. “Kita semua adalah manusia, kita semua memiliki emosi, dan kadang-kadang tidak mudah menghadapinya. Sudah waktunya saling mengangkat, tidak saling mendorong. Kita hanya menang ketika bersama,” tulisnya di Instagram.

Situasi buruk Arsenal tentu menjadi keuntungan Liverpool. Akan tetapi, Manajer Liverpool, Juergen Klopp mengingatkan anak asuhnya untuk fokus pada diri sendiri. Alasannya, mereka akan menghadapi periode sulit dimana Liverpool ditunggu laga-laga krusial.

“Kita harus fokus dan berkonsentrasi: Arsenal berikutnya, lalu Aston Villa, lalu Genk, lalu Manchester City, lalu sekali lagi pertandingan internasional, dan kemudian Desember yang sangat sibuk. Jadi [ada] banyak yang akan datang, tetapi sejauh ini, sangat bagus,” kata Klopp di situs resmi Liverpool.

The Reds yang tidak terkalahkan di kompetisi domestik sejak takluk dari Wolverhampton Wanderers di Piala FA, Januari lalu akan kembali melakukan rotasi di pertandingan ini. Alex Oxlade-Chamberlain yang jadi pahlawan kemenangan atas Genk di Liga Champions diprediksi akan jadi starter.

Di sektor bek, Virgil van Dijk akan diistirahatkan bersama Joel Matip akibat cedera. Dengan begitu, Lovren akan berpasangan dengan Joe Gomez di posisi bek tengah. Mohamed Salah yang mengalami masalah pergelangan kaki juga hampir dipastikan akan absen.

Sedangkan Arsenal, selain Reiss Nelson yang tetap absen, hanya Xhaka yang kemungkinan akan diistirahatkan. Posisi di lini tengah akan diambialih Lucas Torreira. Untuk penyerang, Gabriel Martinelli berpeluang mendampingi Pierre-emerick Aubameyang bersama Nicolas Pepe atau Mesut Ozil. (amr)

Prakiraan Pemain Liverpool (4-3-3): Adrian; Hoever, Gomez, Lovren, Milner; Keita, Fabinho, Oxlade-Chamberlain; Origi, Firmino, Brewster

Arsenal (4-2-3-1): Martinez; Bellerin, Holding, Chambers, Kolasinac; Torreira, Guendouzi; Pepe, Ozil, Aubameyang; Martinelli.

Lima pertemuan terakhir Liverpool vs Arsenal

24/08/19 Liverpool 3-1 Arsenal

29/12/18 Liverpool 5-1 Arsenal

03/11/18 Arsenal 1-1 Liverpool

22/12/17 Arsenal 3-3 Liverpool

27/08/17 Liverpool 4-0 Arsenal

Lima pertandingan terakhir Liverpool

27/10/19 Liverpool 2-1 Tottenham Hotspur

23/10/19 Genk 1-4 Liverpool

20/10/19 Manchester United 1-1 Liverpool

05/10./19 Liverpool 2-1 Leicester City

03-/10/19 Liverpool 4-3 Salzburg

Komentar


VIDEO TERKINI